Posted in Hobi, Kristik

FIRST SAL (Stitch A Long)- Sky Blue Street #MyFirstProject (-done)

SO k4Yakkkk, setelah kit kecil The South Korea selesai, kembali ke kit medium yang pertama aku order. Rasanya kurang semangat nggak sih kalau tiap hari kita ngerjain kristikan tapi dikomentarin melulu sama orang rumah? Yang dibilang ngelembur lah, kayak dihukum lah, ini lah, itu lah. Tapi motivasi untuk menyelesaikan nggak akan gentar dengan derangan seperti itu.

Pernah juga waktu ada lomba kristik tingkat nasional secara online, tergoda untuk ikutan. Soalnya aku juga pengen bikin kristik dengan pola Ka’bah. Tapi harga kitnya lumayan buat aku, sekitar 300rb. Aku masih anak kuliah dan nggak punya uang sebanyak itu. Hiks, sedihnya. Akhirnya aku urungkan niat untuk ikut lomba, mungkin belum saatnya. Sekalian melatih kemampuan dulu berkutat dengan teknik-teknik yang lebih WOW aja dulu.

Lagi tengah-tengah ngerjain si Sky Blue Street, di grub ada yang nanyain tentang SAL SODA masih buka atau nggak. SAL? Mereka bilang masih buka dan silahkan hubungin yang ngadain. SAL? Sekali lagi, SAL? Aku bertanya-tanya, apakah SAL itu. Setelah mencari tahu dengan tanya-tanya dan browsing, jadi paham.

SAL atau kepanjangannya Stitch A Long adalah kegiatan yang diadakan oleh pecinta kristik dengan sesama pecinta kristik lainnya untuk mengerjakan kit kristik secara bersama-sama. Tapi ngerjainnya bukan kayak pengajian gitu, kumpul, terus ngeristik bareng-bareng. Cukup kerjain di rumah masing-masing. Nanti tinggal setoran pake foto progress pengerjaannya tiap waktu yang disepakati. Biasanya sih setor sekali tiap bulan. Tapi nggak menutup kemungkinan setor bisa tiap minggu, tergantung kesepakatan bersama.

SAL sendiri bisa dilakukan nggak harus ada yang ngadain kok. Dan nggak harus se-Indonesia Raya. Kalau mau ngadain SAL sama beberapa temen aja juga bisa. Suka-suka aja.

Untuk tema SAL juga tergantung kesepakatan bersama. Bisa ngerjain tergantung dari merk, nuansa, atau dari warna, bentuk juga bisa. Misalnya, keluaran DOME, Dimension, SODA, GOLD, dll. Nah, kristikers ngadain nih mengkristik bersama-sama selama berapa bulan untuk salah satu kit keluaran itu tadi. Atau ada SAL Building (bangunan), jadi kitnya terserah mau keluaran apa yang penting ada bangunannya. Atau contoh lain SAL Jam, jadi pola yang digarap hasil jadinya harus ada angkanya.

Nah SAL SODA yang aku ikutin ini, berarti SAL untuk jenis keluaran SODA. SODA sendiri berasal dari Korea, jadi polanya lucu-lucu. Karena kebetulan aku lagi ngerjain Sky Blue Street yang merupakan kit dari SODA, coba deh aku ikutin. Untung-untung kalau boleh, jadinya ngerjain biar lebih semangat. Aku tanya ke penyelenggaranya, Mbak Dyah. Katanya masih boleh asalkan nanti nambah pola yang lain, soalnya berhubung yang udah aku kerjain udah lumayan banyak. Oke deh, aku berencana untuk nambah pola lain. Yang penting bisa ikut memeriahkan SAL SODA ini.

SAL sendiri tidak dipungut biaya, hanya biaya beli kitnya aja. Kit ini juga nggak harus beli baru (kayak aku yang masih pemula jadi nggak punya harta karun). Mau pake kit yang udah dibeli juga boleh kok. Pokoknya ngerjain kit yang dipunya. Kalo nggak punya baru deh beli😛.

Konsepnya mirip sama kayak lomba kristik, bedanya kalau lomba ya ada biaya pendaftaran dan ada hadiahnya. Tapi kalau SAL free dan untungnya ada doorprizenya juga. Jadi lumayan kan. Doorprizenya sendiri adalah sumbangan dari peserta atau non peserta. Jadi kalau mau ikut nyumbang boleh. Doorprizenya juga bebas, mau benang, kit, alat-alat dalam dunia pengkristikan, atau di luar kristik kayak makanan juga boleh (kayaknya). Coba diajukan ke adminnya aja dulu. Tapi nggak semua peserta boleh ikut undian doorprizenya lho. Ada syaratnya ternyata. Bisa minimal setor 1/2 dari periode pengerjaan. Jadi misal waktu SAL adalah 6 bulan, jadi minimal setornya adalah 3 kali alias 3 bulan. Tapi mungkin ada syarat yang lebih heboh lagi, yaitu HARUS SELESAI. Wehehehe.

SAL SODA ini dikerjakan selama 6 bulan dengan sistem peng-upload-an hasil kristikan tiap bulan. Aturan dalam SAL sendiri tergantung dari yang ngadain. Uploadnya juga ada yang ngasih kebebasan mau awal, tengah, atau akhir bulan. Ada juga SAL yang mengharuskan setor tiap tanggal berapa. Dan dengan ikut SAL ini berhasil membuatku terus semangat dan menyelesaikan kit Sky Blue Street-ku. Hahay, senangnya!

28 Februari 2014
28 Februari 2014
10 Maret 2014
10 Maret 2014

24 Maret 2014 [Dari sini aku ikutin SAL]
24 Maret 2014 [ Dari sini aku ikutin SAL ]
20 April 2014 [OFFICIALLY DONE]
20 April 2014 [ OFFICIALLY DONE ]
22 April 2014 [ Setelah dicuci ]
22 April 2014 [ Setelah dicuci ]
Cantik kaaannnn??? Aslinya lebih kiut lagi ini. Seneng banget rasanya berhasil menyelesaikan. Ayo yang mau belajar, jangan sungkan-sungkan buat nyoba. Tapi mulai dari pola yang gampang ya, yang nggak banyak teknik macem-macemnya dulu.

Happy Stitching~

Tips SAL: dari pengalaman para suhu, kalau mau ikut SAL jangan kebanyakan, alias ikut banyak SAL. Nanti yang ada malah terbengkalai dan nggak selesai. Lihat dari waktu yang disediakan dan tingkat kesulitan dari pola yang akan dikerjakan. Jangan ikut SAL ini SAL itu dengan tingkat kesulitan sulit semua. Oke?😉

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

14 thoughts on “FIRST SAL (Stitch A Long)- Sky Blue Street #MyFirstProject (-done)

  1. mba maaf mau nanya kalau garis garis yang ada pada kain strimin itu dibuat sendiri atau dari sononya? kalau buat sendiri apakah harus pake pulpen/ spidol khusus? mba maaf kebanyakan nanyanya soalnya saya pemula dan hampir setiap hari saya mengunjungi website mba. dan makasih banyak atas informasinya

    1. Nggak papa kok, saya malah seneng kalo ada yang nanya😀

      Garis gridding kita kasih sendiri mba. Caranya seperti yang saya jelaskan di atas🙂

      Alat yang digunakan untuk gridding ada 2 macam, bisa Washable PEN atau Washable PENCIL. Tapi hukumnya sama-sama washable sih. Alat ini khusus sis, ada juga yang jual buat mainan anak-anak. Jadi mereka gambar di buku kain, dan nanti bisa ilang/bersih kalau dicuci. Kalau pakai pulpen/spidol biasa, wah bakal susah hilangnya.

      Kelebihan dan kekurangannya tergantung dari penggunaannya (setau saya). Kalau pakai pensil, ada yang bilang bisa cepet ilang kalau misal pengerjaan kristiknya lama. Jadi harus nebelin lagi. Makanya banyak yang lebih rekomen ke pen/semacam spidol. Tapi ada juga yang pernah karena kelamaan disimpen sehabis digrid, akhirnya susah ilang. Jadi jangan kelamaan nyimpen kain yang sudah digrid bertahun-tahun😀

      Kalau saya pribadi enak aja pakai pen, karena lebih kelihatan. Ilangnya juga cepet, cuma direndam air 15 menit.

      Semoga membantu🙂

    1. langsung aja daftar ke adminnya. cuma jadwal SAL-nya masih belum ada yang dibuka lagi. nanti kalau ada jadwal SAL bakal aku share di sini.

      nanti kalau udah dibuka waktu daftar, bakal dimasukin ke grub fb. nnti dikasih tau tata cara pelaksanaannya kok.

      Selamat nge-SAL🙂

  2. SAL yg di fb apa namanya mbak….
    Kalo.blh tau…
    Tadi saya coba buka, kok bkn bahasa ind ya, apa emang gitu?
    Trimakasih…

    1. setiap SAL, admin akan bikin grub di FB. jadi grubnya ganti-ganti. dan kalo SAL yang ini diadain sama “suhu” yang kami para stitcher indonesia percaya, jadi lebih terorganisir. cuma sekarang para “suhu” lagi sibuk dan belum sempet ngadain SAL lagi. biasanya sesama stitcher aja yang ngadain, dan ada beberapa stitcher yang dipercaya yang jadi adminnya.

      dan kebetulan aku juga nggak lagi ikut SAL sekarang. cuma ikut proyek KUI (Kristik Untuk Indonesia). nanti aku share kalo udah kelar. hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s