Posted in Hobi, Kristik

Crosstitch / Kristik : Cara Melakukan Backstitch

Setelah kemarin kita belajar cara membuat tusukan penuh berupa X, sekarang kita akan belajar melakukan backstitch. Mari belajar~

Udah kayak tutorial apaan aja. Haha. Membuat backstitch atau tusuk balik sebenarnya sangat mudah. Modalnya hanya menggunakan 1 helai benang saja. Langsung saja yuk kita praktik.

pic

  1. Keluarkan jarum dari titik 1.
  2. Tusuk jarum di titik 2.
  3. Keluarkan jarum di titik 3.
  4. Masukkan jarum di titik 1.
  5. Selanjutnya keluarkan jarum di titik 4 dan masukkan di titik 3.
  6. Begitu seterusnya sesuai dengan pola.

 

Ini aku kasih contoh pengerjaannya sesuai dengan pola ya…

CONTOH BACKSTITCH DI POLA
CONTOH BACKSTITCH DI POLA

Contoh kita harus melakukan backstitch adalah berupa garis. Contoh di atas berarti garis berwarna biru. Kode warnanya lihat di petunjuknya ya.

 

2

Pertama, kita selipkan dulu ujung benang di balik tusukan yang terdekat. Kalau nggak ada tusukan di sekitar titik awal backstitch, bisa lah disiasati dengan diselipin di benang backstitch itu sendiri.

3

Untuk awalan tusukan backstitch, banyak yang menyarankan melakukan tusukan biasa, alias dari titik awal ke titik kedua. Nggak tahu juga kalau ada yang langsung dari titik ujung baru ke awal.

4

Kalau aku pribadi lebih suka dari titik 1 dulu baru kedua. Sebut saja titik kanan sendiri sebagai 1, dan yang (gambar) ditusuk jarum sebagai titik 2.

5

Setelah itu, dari bawah kain tusukkan ke titik 3.

6

Tusukkan kembali ke titik 2.

7

Hasilnya akan menjadi seperti ini.

8

Lanjutkan ke titik berikutnya. Tusukkan jarum ke titik selanjutnya.

9

Kembali tusukkan mundur ke titik sebelumnya.

12

Dan beginilah hasilnya.

Gampang kan? Ikuti saja pola yang tercetak. Terserah kita mau memulai dari titik mana.

Kenapa kok harus belok-belok dulu? Sebenarnya itu terserah kita.  Hanya tips dari melakukan bacstitch ini adalah membuat garis usahakan 1-3 kotak saja.

Kalau misal berupa garis lurus dengan panjang banyak kotak (misal 5, 6, 10, dst), lebih baik dibagi menjadi 2-3 kotak. Ini untuk menghindari ketidakrapian. Jadi misal panjang garis 5 kotak, maka kita buat backstitchnya 2-2-1 kotak atau 2-3 kotak. Atau ada beberapa krsitiker yang membuat bacstitch dengan satuan kotak. Sangat rapi dan aman sih, tapi agak nggak sabar sih kalau mau backstitch 1-1. Hehe. Tetap semua kembali pada Anda~🙂

 

SEBERAPA PENTING SIH BACKSTITCH?

Seberapa penting sh tergantung dari masing-masing. Kalau menurutku, PENTING BANGET! Karena bisa menambah detail keindahan. Ini misalnya hasil kristik yang belum di-backstitch:

IMG-20140306-02072

Ini yang sudah di-backstitch:

 

IMG-20140309-02080

Kelihatan kan bedanya? Lebih bagus yang mana??

Jadi jangan malas untuk backstitch ya, soalnya ini penting, bisa menambah kejelasan dari gambar. Wkwkwkwk. Dan backstitch bisa jadi tanda bahwa project kristik kita sudah hampir selesai. Jadi semangat kan?
Sekian tutorial dari tusuk balik atau backstitch dari saya, semoga bermanfaat dan paham yaa… Kalau nggak paham bisa langsung komen aja.🙂

 

HAPPY KRISTIK~

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

3 thoughts on “Crosstitch / Kristik : Cara Melakukan Backstitch

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s