Posted in Hobi, Kristik

Pengetahuan Dasar tentang Kristik (Pola, Kit, Benang, Kain, dll)

xxx

Halooo. Sudah hampir setahun bergulat di dunia pengkristikan, masih sering nemuin temen-temen yang belum tahu tentang hal-hal dasar dalam dunia pengkristikan. Jadi ini adalah beberapa hal yang penting untuk diketahui sebelum membeli alat perang. Yuk ceki-ceki!

Stitches

Stitches dalam bahasa Indonesia adalah sulaman. Jadi jumlah stitches (x) dalam kain menentukan seberapa besar pola tersebut. Misalnya sebuah pola memiliki besar 101w x 52h, artinya pola tersebut membutuhkan pengerjaan seluas 101 stitches atau silangan dimana w adalah wide (lebar) dan 52 stitches dimana h adalah height (tinggi). Jadi pola tersebut membutuhkan daerah pengerjaan sebesar lebar 101 dan tinggi 52 xxx (silangan, bukan cm). (Cara membuat tusukan x)

Pola

Adalah petunjuk pengerjaan yang dicetak di selembar (atau lebih) kertas. Biasanya terdiri dari gridding per 10 kotak, simbol-simbol, warna dan kode benang. Jadi pola akan memberi tahu kebutuhan apa saja yang harus dibeli untuk menyelesaikan pola tersebut. Kebutuhan tersebut adalah kain dan benang tergantung dari kode yang tertera pada pola.

Gridding

Adalah garis bantu per 10×10 kotak sehingga memudahkan stitcher untuk memulai pengerjaan. Biasanya stitcher menggunakan erasable/washable pen/pencil untuk membuat garis grid pada kain tanpa perlu khawatir salah dalam mengerjakan. (Cara Melakukan Gridding)

Erasable/Washable Pen/Pencil

Adalah pensil atau bolpen dengan tinta yang dapat hilang bila terkena air. Cara menghilangkannya adalah dengan merendamnya dalam air.

Benang

Adalah serat yang panjang, digunakan untuk pemroduksian tekstil, penjahitan, crocheting, knitting, penenunan, dan pembuatan tambang (Wikipedia). Jenis benang dalam karya kristik adalah benang sulam dan benang wol. Untuk kristik jadul, biasanya menggunakan benang wol. Tapi sekarang kristik sudah menggunakan benang sulam. Benang sulam sendiri ada berbagai macam merk, ada yang lokal maupun impor. Macamnya ada:

  • Benang katun lokal: biasanya harganya murah namun warnanya terbatas. Penggunaannya juga tidak perlu diurai lagi karena digulung langsung satu helai.
  • Rose: tidak mudah terurai, warnanya hanya tersedia warna umum, teksturnya tidak halus tetapi kualitasnya cukup baik untuk dipakai dan tidak mudah luntur atau pudar ketika digunakan.
  • Blue Moon: warnanya cukup banyak, tekstur licin dan lembut.
  • DMC: benang paling disukai stitcher (bahkan menjadi standar benang kristik di dunia) karena memiliki kualitas paling bagus dan warna paling lengkap namun harganya paling mahal.
  • CMC: benang keluaran China dengan kualitas cukup baik, tekstur licin tapi kasar, warnanya menyerupai benang DMC.
  • Anchor: benang kualitas di bawah DMC, mirip seperti DMC namun warnanya tidak selengkap DMC. Benang jenis ini agak sulit untuk didapatkan karena jarang yang menjual.

Benang tersebut disertai kode-kode yang menunjukkan warna benang.  Jadi ketika di pola tertulis kode benang untuk simbol tertentu, maka benang yang dibutuhkan adalah kode tersebut. Misalnya simbol bulat tertulis kode DMC 310 yang berati untuk simbol tersebut menggunakan warna hitam.

Banyak stitcher yang akhirnya mengubah atau mengganti jenis benang yang ada di pola dengan jenis benang lain. Hal ini membuat stitcher harus lebih teliti dalam mengkonvert. Kode perubahan tersebut dapat dicari di internet.

Kain

Untuk kristik jaman dulu masih menggunakan kain jenis jaring-jaring. Namun kelemahannya jaring tersebut mudah putus baik saat pengerjaan maupun saat selesai dan dipigura. Maka banyak akhirnya yang beralih menggunakan kain yang lebih awet.

Kain untuk kristik umumnya ada 2 jenis, kain lokal dan impor. Kain lokal biasanya lemas sehingga terkadang menyulitkan stitcher dalam memberikan tarikan di setiap silangan. Hal ini membuat hasil akhir tidak rapi. Namun apabila sudah terbiasa, kain strimin lokal akan menjadi kesenangan tersendiri karena stitcher tidak perlu mengeluarkan jarum ke atas dan ke bawah secara bergantian, namun hanya cukup mencungkil sehingga mempercepat pengerjaan.

Untuk kain impor biasanya lebih kaku sehingga membuat hasil kristik lebih rapi karena stitcher tidak perlu khawatir tarikan benangnya terlalu kuat. Jenis kaim impor juga bermacam-macam. Umumnya menggunakan jenis kain Aida. Warna kain juga bermacam-macam. Bahkan ada yang menjual kain dye dimana kain dipadukan corak dan warnanya. (Cara merubah warna kain)

CT

CT berarti ‘count’ dalam bahasa Inggris yang artinya adalah jumlah kotak dalam 1 inch pada kain. Kain pada umumnya yang digunakan adalah 14ct, yaitu 14 kotak dalam 1 inch. Ct akan menentukan besar kotak yang dapat dibuat dalam 1 inch.

Biasanya untuk karya yang membutuhkan detail tinggi menggunakan kain dengan ct yang besar. Namun tidak menutup kemungkinan bagi stitcher untuk mengganti kain dengan besar ct sesuai dengan keinginan.

Semakin besar ct maka semakin kecil kotaknya. Semakin besar ct maka semakin kecil luas hasil jadinya.

Semakin kecil ct maka semakin besar kotaknya. Semakin kecil ct maka semakin besar luas hasil jadinya.

KIT

Kit merupakan paket lengkap yang dibuat sesuai dengan pengerjaan suatu pola. Kit terdiri dari pola, benang secukupnya sesuai pengerjaan, jarum, dan kain. Perlengkapan yang ada dalam kit hanya cukup untuk sekali pengerjaan saja. Perlengkapan di sini adalah kain dan benang. Sedangkan pola dan jarum adalah peralatan, yang bisa digunakan berkali-kali. Jadi apabila ingin mengerjakan lagi pola tersebut, stitcher tinggal membeli kain dan benang sesuai dengan kode yang terdapat pada pola.

SAL

SAL adalah kepanjangan dari Stitch A Long yaitu kegiatan yang diadakan oleh pecinta kristik dengan sesama pecinta kristik lainnya untuk mengerjakan kit kristik secara bersama-sama. (Contoh SAL)

Kristik Printed/Stamped/Non Counted

Adalah kristik dimana pola sudah tercetak di kain sehingga tidak perlu menghitung pola terlebih dahulu. Pengerjaannya lebih mudah karena stitcher tinggal mengikuti pola yang tercetak di kain. Pengerjaannya adalah full xxx.

Kristik 3D/6D

Adalah kombinasi antara lukisan dan kristik. Lukisan disini maksudnya adalah gambar yang tercetak di kain. Mirip dengan kristik printed/stamped/non counted di atas, namun tidak semua kain disulam melainkan pola tertentu saja.

 

Itu adalah beberapa istilah yang sering ditemukan dalam dunia pengkristikan. Jika ada istilah yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan di kotak komentar di bawah. Terima kasih.

Selamat mencoba~

 

Untuk informasi lain bisa klik link di sebelah –> KLIK <– untuk mengetahui lebih tentang:

  • Peralatan dalam kristik
  • Cara membedakan ct dalam kain
  • Cara menghitung lebar kain untuk pola ukuran tertentu
  • Cara menghitung luas pola dalam ukuran ct ke dalam cm
  • Jenis benang
  • Jumlah helai benang yang digunakan untuk ukuran ct tertentu

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

20 thoughts on “Pengetahuan Dasar tentang Kristik (Pola, Kit, Benang, Kain, dll)

    1. Sekarang pola-pola kristik emang udah canggih-canggih mba. Mulai kartun sampai kayak lukisan ada.

      Biasanya yang jual nyediain gambarnya mba. Kalau nggak, bisa dapet dari website creatornya. Kalau mau lebih ‘ngoyoh’ tinggal ubek-ubek di internet mba😀

  1. selamat siang mb, mau tanya donk sy kepingin juga belajar kristik. untuk pemua seperti saya yang harus dibeli paket kit dan perlengkapan apalagi ya?minta sarannya donk mba…hehe trmksh

  2. Thanks for sharing😀 bermanfaat sekali. Saya juga lagi mau belajar kristik, udah lama banget ga bikin, jadi udah lupa hehe. Salam kenal yaa…

  3. Halo mba sinta, untuk pemula jika membeli kain strimin yang berpola itu memudahkan atau malah bikin pusing y?mohon infonya trimz

    1. halo🙂

      sebenernya mau pemula atau enggak, pola di kain itu enak. soalnya nggak usah repot cari titik tengah, bikin garis di kain, belum lagi liat pola-kain-pola-kain yang bikin capek. apalagi kalo dibawa-bawa, misal sambil nunggu, nggak repot bawa kain sama pola, cukup kain aja sama perlengkapan benang gunting.
      istilahnya kayak belajar motor/mobil antara yang manual sama matic gitu deh. cuma kalo kita tipe yang nggak suka liat yang rame, mending yg polos aj. soalnya pola di kain kadang ada yang warnanya mencolok semua, malah bikin pusing liatnya. tapi nggak tentu juga, merk2 lain malah warnanya kayak pola di kertas, jd nggak bikin pusing.

      saranku sih, pola di kain silahkan aja nyoba. tapi tetep coba yang pola nggak tercetak di kain, biar sama-sama ngerasain. kadang nanti malah rindu liat kain polos daripada kain bergambar pola.

      semoga membantu🙂

  4. Aku juga hobby kristik, tapi sampe skrg aku masi bingung, masi ngga bisa nentuin harus start dari mana kalo mau kristik, jadinya aku pake kira2 aja.. dan juga kesulitan aku selama ini, masalah gradasi warna, cukup bikin aku nyerah 😢😢😢…

    1. halo Rika🙂

      maksudnya nggak bisa nentuin start darimana, gimana ya? kalau mau mulai dari sisi mana kan emang terserah😀 kalo aku pribadi lebih suka dari kiri atau kanan. kalau mau lebih aman, misal nggak pake gridding, mending dari tengah aja.
      gradasi maksudnya gmn ya? apa maksudnya confetti?

  5. asww mbak shinta,
    saya baru mulai bikin kristik. kemarin beli di toko 1 paket yang pakai benang wol. dalam paketnya ada pola, benang dan jarum.
    di benang kodenya angka dan ada penjelasan di polanya. kode huruf juga ada di pola untuk crosstich yang kecil2, tapi ga ada benangnya.
    apa ada kode khusus untuk warna benang?
    misalnya A = hitam, atau gimana gitu?
    mohon infonya ya mbak shinta.
    terimakasih

    1. halo. kalau setauku untuk paket/kit benang wol keterangan benang sesuai angka atau huruf di pola. kalau di pola ada kodenya tapi nggak ada di benang, mungkin bisa kamu tanyakan ke tokonya. takutnya benangnya ketinggalan atau emang nggak ada😀 solusinya pake sisa benang wol yang masih nyambung buat digarap. hehe.

  6. salam kenal mbk shinta,,, saya sudah menyukai kristik dari jaman smp th 2003,,, tp berhenti krna tdak sy kmbangkan, setelah memiliki ank saya ingin mencoba kembali, yg sya tnykan apakah pola PDF itu tersedia ditoko2. mkasih

    1. halo salam kenal.
      pola PDF biasanya bisa didapat kalau beli online.kalau toko offline biasanya dalam bentuk hard atau di lembaran kertas.

      kalau misalnya males lihat pola di kertas, bisa discan aja untuk pemakaian pribadi ya. atau kalau mau cari pola gretongan di inet juga banyak kok😀

  7. Kak mau tnya ni.. saya ad beli ni kristik tapi di kain nya udah ad wrnanya emank lbh gmpang c jdinya. Cuma bingung gimana cara mo ngilangin wrnanya? Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s