[Pregnancy] Tanda-tanda Hamil Sebelum Telat Haid

Halo halo, aku kembali untuk berbagi cerita lain. Yap, sesuai judulnya, Alhamdulillah ikhtiar dengan pil KB membuahkan hasil (dari cerita sebelum dan sebelumnya). Jadi dari cerita terakhir, aku masih dapat haid bulan selanjutnya selesai minum pil KB. Setelah itu aku coba untuk promil lagi dengan membebaskan segala pikiran dan beban pikiran. Jadi istilahnya aku bener-bener pasrah walau tetap usaha. Dari yang sebelum-sebelumnya aku catet kapan aja aku promil di aplikasi Ovia Fertility (maksudnya mau buat track perkiraan lahir atau HPL) dengan detail kapan berhubungan biar bisa memperkirakan terjadi pembuahannya di sekitaran kapan (buat belajar bikin anak kedua mungkin). Tapi akhirnya aku udah mulai lelah dan pasrah jadi nggak begitu aku catet lagi di aplikasi.

Saking penasarannya, aku udah berencana mau coba testpack seminggu sebelum jadwalku haid berikutnya. Tapi entah kenapa rasanya males banget buat keluar dan beli testpack walau aku sudah punya feeling kuat kalau aku hamil. Kenapa bisa gitu? Karena ada beberapa tanda-tanda hamil yang aku rasakan bahkan sebelum aku telat haid.

Sebelumnya aku mau menekankan dulu kalau tanda kehamilan itu ada banyak banget dan nggak semua bisa dirasakan. Jadi kalau misalnya kita pernah baca artikel tentang tanda kehamilan dan kita nggak merasakannya, jangan khawatir karena emang nggak semua tanda bisa dirasakan dalam satu kehamilan. Atau bahkan tanda kehamilan baru dirasakan setelah kita testpack. Banyak banget pengalaman ibu hamil dari anak pertama sampai ketiga, ada tanda kehamilan yang selalu dirasakan ada juga yang nggak pernah dirasakan sebelumnya baru dirasakan di kehamilan berikutnya.

Dan selain itu aku juga mau menekankan kalau apa yang aku rasa belum tentu kalian semua rasakan. Di sini aku murni ingin berbagi pengalaman aja sekaligus pengen ‘menyimpan’ pengalaman ini dalam bentuk tulisan supaya nanti-nanti bisa dibaca ulang.

Tanda-tanda kehamilan yang aku rasakan adalah:

  1. Rasa kantuk yang luar biasa di siang hari. Jujur aku bukan tipe yang gampang ngantuk di siang hari. Bahkan setelah menikah pun aku tidur siang juga karena ikut tidur nemenin si Koko tidur siang. Kadang juga kalau nggak ngantuk ya akhirnya aku nggak ikut tidur. Jadi sangat bukan aku banget ngerasa ngantuk, mata berat, atau pengen berbaring di siang hari. Ini berlangsung selama beberapa hari.
  2. Penglihatan yang semakin memburuk. Memang sejak kuliah, mataku udah agak burem kalau lihat jauh (minus) tapi nggak aku periksain karena masih dalam batas masih bisa ngelihat. Tapi semakin lama penglihatanku jadi semakin buram. Akhirnya setelah menikah, aku periksa dan minusku ternyata 1/2. Jadi sehari-hari ngerti lah ya ingkat keburaman penglihatanku kalau nggak pakai kacamata. Tapi dalam satu hari, tiba-tiba aku merasa penglihatanku jadi lebih kabur dari biasanya. Sempet khawatir, masa iya dalam kurun waktu beberapa jam langsung burem banget. Dan ternyata emang ini bisa jadi salah satu tanda hamil. Tapi tenang, keburaman yang semakin parah ini hanya berlangsung selama beberapa hari juga.
  3. Rasa kram ringan di perut bagian bawah. Rasa kramnya yang kayak gimana sih? Kalau kalian pernah ngerasain PMS, rasanya mirip gitu. Tapi bedanya adalah kram saat PMS biasanya lebih terasa dari ringan sampai sedang (bahkan parah) dan terasa menyeluruh di area perut bawah dari kanan sampai kiri. Kalau kram hamil biasanya sangat ringan (bahkan kalau kita nggak ngeh juga nggak akan ngerasain) dan ada di salah satu area perut bawah, kanan atau kiri aja. Kebetulan kemarin aku ngerasanya di perut bawah sebelah kiri.  Dan ini berlangsung selama beberapa detik aja. Kalau nggak salah ingat, aku ngerasain kram ini selama 2 hari. Kalau ini karena aku udah tau dari hasil baca-baca pengalaman buibu, jadi begitu ngalamin langsung GR sendiri. Hehe.
  4. Rasa ngidam yang tiba-tiba. Sebenernya aku agak kurang paham juga ngidam itu sebenernya gimana. Apa sekedar pengen makan sesuatu yang spesifik, atau gimana. Selama ini kan kalau denger istilah “ngidam kayak orang hamil” lebih dikaitkan dengan pengen makan sesuatu. Kalau sebelum hamil, aku cuma pernah ngerasain pengen makan sesuatu karena enak aja. Tapi kemarin, tiba-tiba aku kebayang bener-bener rasa brokoli rebus di lidahku. Selama ini aku nggak pernah bener-bener bisa membayangkan dan bahkan merasakan di lidahku rasa spesifik dari suatu makanan. Jadi aku ngerasa agak aneh dan kaget aja, lebih tepatnya amaze sama kemampuanku me-recall rasa suatu makanan. Tapi hal ini nggak sampe bikin aku yang “aku harus makan itu sekarang!!!”, karena walau beberapa hari kemudian aku makan juga masih doyan aja dan emang kalau dituruti rasanya itu nikmaaat bangeeeet kayak makan makanan favorit. Beda sama waktu aku lagi nggak hamil, makan brokoli rebus akan berasa biasa aja.

Itu tadi adalah tanda-tanda hamil yang aku rasakan sebelum telat haid. Ada juga beberapa tanda lainnya yang baru aku rasakan setelah aku telat haid dan testpack. Apa aja itu? Tunggu postinganku berikutnya ya~

 

 

Selamat Hari Raya Lebaran 1440 H

Mohon maaf lahir dan batin

7 thoughts on “[Pregnancy] Tanda-tanda Hamil Sebelum Telat Haid

    • Shinta K says:

      Halo Alikha. Tanda hamil tiap orang beda2 ya. Kalo aku kemarin kayaknya agak nyeri PD tapi nggak terlalu mengganggu, jadi nggak aku tulis. Kalo keputihan enggak.

  1. Mutia says:

    Halo kak mau nanya, setelah selesai minum pil itu setelah itu lgsg hamil? Soalnya aku bulan lalu stop pil diane tgl 15 agustus trs mulai mens 17 agustus karna habis pil ke-21 kan emg biasanya lgsg mens. Harusnya kemarin tgl 14 sept mens, tapi kok belum ya.. kalo menurut sepengalaman kakak gmn? Makasi bgtt kalo misal nnt bisa dijelasin detail durasi off pil diane sampe hamil nya kak🙏🏼🙏🏼

    • Shinta K says:

      Halo Mutia, terima kasih sudah mampir ke blog-ku.
      Kalau dari pengalamanku selesai minum pil kb memang haid, tapi bulan selanjutnya juga masih haid. Baru bulan berikutnya udah nggak haid alias hamil. Jadi misal aku kayak kamu nih, Agustus stop minum dan haid, Septembernya masih haid, baru Oktober nggak haid. Coba kamu tunggu deh sampai seminggu ke depan, soalnya aku juga kurang tahu riwayat haidmu sebelum minum pil kb gimana. Semisal seminggu ke depan masih belum haid juga, hmm coba testpack ya. Semoga kabar baik 🙂 Sabar dan semangat ya 😁

      • Mutia says:

        Makasi kak udah jawab❤️❤️ Sblm pil teratur, pas pemakaian pil juga teratur siklusnya. Biasanya kalo telat sehari dua hari. Tapi kok ini belum ada flek2 tanda2 mau mens. Semoga kabar baik yaa🥰

      • Shinta K says:

        Ooh kemarin minum pil kb karena nunda kah? ☺ Dibawa santai aja. Kalau besok masih belum ada tanda haid, coba testpack aja. Semisal masih negatif, coba testpack lagi aja bulan depan kalau memang belum haid juga. Semoga kabar baik ya 😊

Leave a comment