Posted in Hobi, Kristik

Crosstitch / Kristik : Cara Merubah Warna Kain

cross-stitch-main-image_16

Kain aida memang sudah menjadi ‘standar’ dalam kristik. Karena kebanyakan kit impor sudah merajai para kristiker. Banyak akhirnya yang pake kain aida (minimal) walaupun jenis kain ada macem-macem.

Nah, untuk menghindari kebosanan kristiker, banyaklah yang berinovasi dalam memperindah karyanya. Salah satunya dengan pemberian warna pada kain. Nggak cuma 1 warna aja nih yang beredar sekarang, banyak juga yang akhirnya terinspirasi dari luar negeri untuk membuat yang namanya kain aida dengan teknik (atau motif ya namanya) DYE.

Pasti pada tau dong desainer kondang Dian Pelangi yang booming lewat karya bajunya dengan motif DYE. Nah, motif ini juga tertuang di kain aida untuk kristik dan nggak kalah keren plus indah. Apalagi ditambah sama gliter. Wuihh, jadi tambah MEWAH kesannya.

Contoh kain berwarna ada di atas ya. Di bawah aku kasih contoh yang lain.

category-aida-hand-dyed
Contoh kain dyed
Contoh kain dyed + glitter
Contoh kain dyed + glitter
Contoh aplikasi dengan pola
Contoh aplikasi dengan pola

IMG_3532

Cantik nggak siiiih??? Gara-gara lihat ini jadi pengen bikin yang tema kayak di atas. Jadinya begitu tahu ada SAL Nora Corbett / Mirrabilia yang polanya banyak tentang fairy kayak di atas, langsung tanpa pikir dua kali langsung pengen ikut.

Berhubung aku masih ikut SAL SODA, dan mulai kebelet pengen nyoba ngristik di kain selain warna putih, cobalah cari tahu gimana caranya bikin warna aida berubah. Yang permanen dan nggak luntur waktu dicuci.

Nggak lama jawaban itu datang. Di home facebook kloning muncul share-an kristiker lain yang bikin pola kue diatas kain warna coklat. Dengan iseng baca-baca komennya, ehh nggak tahunya ada trik bikin kain aida jadi warna coklat. Langsung deh dipraktikin.

CARA MEWARNAI KAIN AIDA MENJADI COKLAT

  1. Siapkan kain aida yang ingin diwarnai.
  2. Siapkan satu gelas teh tawar. Nggak usah dikasih gula, nanti mengundang semut.
  3. Siapkan wadah untuk merendam kain.
  4. Tuangkan teh ke dalam wadah, dan masukkan kain sampai tercelup semuanya.
  5. Tunggu beberapa saat sampai warna yang diinginkan muncul. Kalau menurut tips, tunggu 15-30 menit. Tergantung dari tingkat kecoklatan yang diinginkan.
  6. Jika sudah, segera angkat dan jemur jangan langsung di wabah sinar matahari.
Proses perendaman menggunakan teh
Proses perendaman menggunakan teh

Tapi permisah, saya liat-liat kok kayaknya kurang coklat. Padahal ngerendemnya juga udah 1 jam. Apa jangan-jangan tehnya kurang item kali yak. Akhirnya, aku coba option ke 2. Yaitu merendam dengan KOPI. Ya, dengan kopi, optional jika tidak ada teh.

Akhirnya bikinlah kopi (tanpa gula lagi ya) dan mulai merendam.

Proses perendaman dengan kopi
Proses perendaman menggunakan kopi

Dan setelah 15 menit direndam, saya angkatlah kainnya. Lha kok masih belum coklat ya. Maka saya celupkan lagi sampai 40 menit. Akhirnya dengan putus asa, aku angkat aja deh daripada kecoklatan. Dan langsung aku jemur.

DAN…. hasilnya permisah… SANGAT COKLAT!!!

Perbandingannya sama kain aida putih
Perbandingannya sama kain aida putih

Wah, ada perasaan nyesel juga kenapa lama-lama di kopi. Dengan rasa sedih, tetep nerimo. Aku rapopo😦

Selama proses mencoba ikhlas, aku pegang kainnya. Kok agak ‘berdebu’ ya. Masa gara-gara proses jemurnya. Dan muncul ide untuk membilas lagi. Kali aja bisa mengurangi coklatnya. Dan…. lunturlah kopi yang terlalu banyak menempel di kain. Udah kayak bilas baju dari sabun aja.

Sekali lagi aku jemur. Hasilnya lumayan. Jadi bisa dipakai. Lalala~

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

4 thoughts on “Crosstitch / Kristik : Cara Merubah Warna Kain

  1. hahahahaha saya belang. mau wrn coklat jg tp pake pewarna kain. nyusut gak kainnya. punyaku nyusut lho dari 16 ct jd mirip 18 ct. kupake buat sal nora

    1. Iya mba, kalo mewarnai pake pewarna kain bisa nyusut. Ini aku pake teh + kopi nggak nyusut mba, cuma jadi agak kaku. Nggak tau apa karena efek aku cemplungin F*nta sebelumnya ato emang gitu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s