Posted in Hobi, Kristik

EGAR 2015 (Exchange Gift insomniA stitcheR) – SODA Pin Up Girl #MyNineProject

Hai hai hai. Akhirnya semangat lagi buat posting hasil karya kristik lagi. Kali ini aku mau share ide aplikasi hasil kristik dalam event EG sesama anggota Insomnia.

EGAR berasal dari kata Exchange Gift ARemania/insomniA stitcheRs. Aslinya kepanjangannya juga nggak saklek sih soalnya biar enak aja nyebutnya dan semangat waktu bikinnya. Hahaha. EGAR ini diadain karena Insomnia ngerayain ulang taun. Jadi, biar beda dari komunitas regional kristik di kota lain #tsah, kami akhirnya mengadakan yang namanya exchange gift. Kronologinya sama kayak EG 2015 dan EG-EG yang selama ini udah pernah dilakukan. Bedanya ini cuma diantara anggota Insomnia aja. Sebelum undian, kami menentukan tema yang mau dipake buat proyek ini. Untuk kali ini kami sepakat mau pake seri SODA Pin Up Girl ini karena kami berenam (waktu itu kami masih berenam) dan si cewe-cewe kece ini juga ada 6.

il_fullxfull-680402449_gz4y

Undiannya kali ini 2x, pertama undian pilih polanya, kedua undian nama penerimanya. Setelah kocokan dan ambil undian, aku dapet bagian ngerjain yang kakinya naik. Dan kebetulan aku dapet undian juga ngasih ke ce Linda yang adalah seorang patissier. Masih lumayan nyambung lah ya, gambarnya megang permen gitu kaan. Dan akhirnya aku muter otak sekalian cari-cari referensi aplikasi hasil kristikan. Dan akhirnya aku memutuskan buat bikin apron (mumpung lagi on fire).

Langkah pertama yang aku lakukan adalah bikin polanya. Bikinnya nggak harus pake kertas buat jait baju gitu, enggak. Aku cuma cari-cari model pola apron lewat gugel yang kira-kira bisa aku pake. Soalnya polanya macem-macem, tergantung dari model apronnya. Model apronku sederhana banget, karena aku juga masih pertama kali bikin. Kurang lebih kayak gini polanya.

jahit-apron(Lihat Gambar!)

  1. Semua kain untuk tali dilipat 2 lalu dijahit.
  2. Kain untuk frame kristik dilipat 2 di pinggir hasil kristik lalu dijahit.
  3. Semua pinggiran badan dijait supaya keliatan rapi.
  4. Hasil kristik aku jadiin kantong di dada, jadi cara jahit di bagian badan adalah dijahit pinggirnya tanpa dijahit bagian atas.
  5. Ujung tali-tali tinggal jahit di bagian badan (sesuai warnapada gambar)

Langkah kedua adalah cari kain. Aku sengaja cari kain yang motifnya lucu-lucu. Alhasil aku ubek-ubek olshop kain di fb. Akhirnya nemu kain katun impor yang motifnya kue-kue. Dan karena *ehem* harga permeternya lumayan mihil, jadinya aku beli 1 meter aja. Tapi aku rekomendasi minimal 1,3-1,5 meter aja buat lebarnya. Soalnya tergantung ukuran badan sih. Kalo buat anak-anak atau orang yang langsing kayak akoeh *uhuk* 1 meter aja cukup. Tapi kalau lebih enak sih lebaran lagi.

Langkah ketiga, bikin kristiknya. Setelah pola sudah sampai di tangan (belinya pola ori lho ya), mulailah bikin. SODA ini termasuk merk yang cuma ngeluarin pola aja. Kain dan benangnya harus mandiri, beli sendiri. Berhubung aku cuma bikin 1 karakter, jadi cuma butuh kain lebih sedikit. Aku bongkar kotak harta karunku, dan nemu lah kain sisa bikin Dictionary of Homes. Benangnya dari sisa-sisa kit SODA yang lain, walaupun akhirnya beberapa kode benang nggak ada di benang sisa kit. Jadi aku akalin pake benang yang warnanya mirip. Dan…. JADI!

10923303_1515566268709487_7826195833772360321_n

Langkah terakhir, potong-potong-jahit-jahit-jahit. Setelah semua bahan sudah siap olah, langsung deh eksekusi. Ini aku jahit pake mesin jahit jadul punya mama. Jadi jahitannya masih keliatan banget kasar dan amatir. Setelah diukur dan dan dikira-kira (sebenernya lebih banyak ngira-ngiranya :P), beginilah hasilnya:

10306638_1546262015639912_1565206622307017176_n

Watermarknya emang bukan alamat blog, tapi nama fbku. Agak males buat ubek-ubek laptop lama (sekarang pake laptop pinjaman baru, hehe). Jadi itu aseli karyaku ya, bukan abal-abal nyomot.

Seneng banget akhirnya hasil pertama bikin apron keliatan bagus. Semua berkat kain unyu kue dan koki. Hayooo siapa coba yang nggak jatuh cinta sama motifnya. Sampe sekarang pun aku masih nggak bisa move on dari kain ini.

Dan agak nggak rela sih aslinya buat ngasihnya. Hehe. Tapi nggak papa lah, asal ce Linda suka aku udah seneng kok.

Sebagai gantinya, aku dapet ini dari Mba Karin:

img_20161002_115038

Seger ya liatnya, jadi pengen mandi. Hehe. Yang jelas aku hepi, kamu hepi, kita hepi, Insomnia hepi~

Happy stitching!🙂

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

Leave a Reply

