Posted in Story of Me

Perpanjangan SIM di Malang

Halo halo, aku kembali. Kali ini aku mau berbagi cerita tentang pengalamanku memperpanjang SIM. Soalnya kemarin mau memperpanjang SIM tapi nggak nemu tata caranya waktu di TKP. Sempet gugling nggak nemu juga. Jadi aku nekat berangkat, dan bisa ditebak, agak kagok juga soalnya nggak ada penjelasan atau skema tentang apa-apa yang harus dilakukan di sana. Jadi, harus nanya ke ibu-ibu yang mau ngurus juga. Petugasnya juga minim, cuma pak satpam aja, jadi harus mandiri selama di luar nunggu dipanggil. Oke lah, langsung aja.

1.KALIAN HARUS TAU LOKASINYA

Bukannya apa, percuma juga tau caranya tapi nggak tau dimana kan? Hehe. Jadi, sepengetahuanku ada yang namanya SIM CORNER. Lokasinya ada di MOG (Mall Olympic Garden). Tapi sejak akhir tahun 2015 udah tutup.

Jadi ceritanya SIMku mati November 2015. Hari H SIM mati, langsung cus ke MOG. Eladalah, ternyata SIM CORNERnya udah nggak ada, stannya kosong tak berbekas. Informasinya minim banget waktu aku cari di internet. Tapi dari hasil ngorek-ngorek halaman gugel ke sekian, ada yang bilang kalo SIM CORNER mau pindah ke Plaza Araya.

Setelah SIM CORNER udah buka di Plaza Araya, langsung lah cus ke sana. Lokasi SIM CORNER ada di lantai 2. Begitu naik eskalator, langsung puter balik dan dia ada di pojokan kanan (cari aja yang rame2). Dan berdasarkan hasil bertanya mbak yang di sana, katanya SIM CORNER hanya melayani perpanjangan SIM yang masih idup. Maksimal 1 bulan sebelum SIM mati. Jadi untuk SIM yang udah mati kayak punyaku harus ngurus di Polresta Malang. Yah, untuk kedua kalinya aku sia-sia mengarungi mall di Malang ini. Jadilah puter balik ke tengah kota.

Kantor Pelayanan SIM Polresta Malang ada di Jalan Dokter Wahidin no 56. Lokasinya ada di deket SMP 3 Malang. Jadi perempatan SMP 3, kalo dari arah rel kereta, belok kanan. Kalo dari arah pasar klojen, lurus aja. Kata temenku sih lurus aja nanti ada parkiran motor. Dan walla, bener! Setelah parkir, di sebelahnya ada semacam gedung (nggak gedung juga sih, lebih tepatnya kayak rumah gitu) dengan tenda polisi di depannya. Jika kalian sudah melihat itu, berarti kalian berada di tempat yang benar.

2. STATUS SIM

Seperti yang aku singgung di atas, status SIM harus jelas. Jadi jika ingin memperpanjang SIM, nggak bisa jauh-jauh bulan sebelum SIM mati, misalnya 6 bulan sebelumnya. Batasnya adalah 1 bulan sebelumnya, jadi usahakan dalam sebulan sebelumnya diurus perpanjangan. Bisa di SIM CORNER atau Polresta. Tapi kalau kasusnya lupa atau nggak nyadar udah mati kayak punyaku, harus diurus di Polresta. Aku maklum sih, soalnya dalam 5 tahun aku punya SIM, nggak pernah sekalipun ngeluarin dari dompet (kecuali iseng pengen liat).

Batas maksimal bisa ngurus perpanjangan SIM yang sudah mati adalah 3 bulan. Lebih dari itu, harus ngurus SIM baru. SIMku kemarin mati bulan November, dan baru aku urus Januari akhir masih dilayani.  Kalo temenku kemarin, nggak nyadar kalau SIMnya udah mati 1 taun jadinya dia harus ngurus baru (aku yakin masih belum diurus juga sampai detik ini).

3. YANG HARUS DIBAWA

Yang harus dibawa untuk perpanjangan SIM adalah:

  • fotokopi KTP dan SIM,
  • SIM asli,
  • surat keterangan sehat, dan
  • uang

Awalnya ada yang bilang pake fotokopi KK. Tapi nyatanya nggak diminta. Jadi cuma itu aja yang perlu dibawa.

Untuk surat keterangan sehat bisa minta di puskesmas terdekat. Atau ada di deket Polresta sendiri. Bagi yang dateng ke sana tanpa bawa surat itu, bisa ke seberang Polresta (pagar hijau) untuk minta surat keterangan sehat. Kurang tahu juga bayarnya berapa kalau di situ. Soalnya aku udah minta di puskesmas deket rumah. Bayar cuma beberapa ribu rupiah (kayaknya 2 ribu).

4. AMBIL NO ANTRIAN

Setelah semua siap untuk dibawa, langsung aja meluncur ke TKP. Begitu sampe, hal yang pertama harus kalian lakukan adalah ambil nomer antrian. Soalnya dikasih kuota per harinya. Di Polres ini kuota per harinya adalah 150 untuk SIM baru dan 150 untuk perpajanjangan SIM. Di sudut tenda yang di luar itu nanti akan ada kayak layar sama kotak di bawahnya. Kalo nggak teliti bakal nggak keliatan, soalnya layarnya menghadap ke gedung. Kotaknya ada 2 tombol. Pilih salah satu antara perpanjangan atau bikin baru.

Di layarnya tercantum 4 kolom. Kolom sebelah kiri untuk perpanjangan, sebelah kanan untuk SIM baru. Kolom pertama jumlah kuota, kolom kedua jumlah antrian yang udah diambil. Jadi begitu tombol dipencet, no di kolom kedua bakal berubah (aku nggak yakin juga sih soalnya nggak merhatiin). Kemarin aku berangkat dari rumah sekitar jam 9 dan aku masih bisa dapet antrian no 69. Agak siang dikit udah no 80. Jadi hoki-hokian. Kadang siang masih ada kadang udah habis. Amannya sih dateng pagi aja jam 8-9. Kalo bisanya agak siang, ya berdoa aja semoga yang ngurus hari itu nggak banyak. Hehe.

5. AMBIL FORMULIR PENDAFTARAN

Setelah no antrian sudah di tangan, ambil formulir pendaftaran di pos satpam. Bagi yang perpanjangan hukumnya wajib. Tapi sebenernya ambil formulir dulu baru ambil no antrian juga nggak papa sih, soalnya daripada kayak aku kemarin lagi enak-enak ngisi formulir udah dipanggil aja suruh masuk. Saking cepetnya pelayanannya😀

Ini tinggal ambil aja ya, nggak perlu bayar. Formulirnya ada mapnya gitu. Terus tinggal isi aja sesuai contoh yang ada di meja. Di tenda nanti ada meja panjang sama (kalo beruntung ada) alat tulis. Di atas meja juga ada contoh formulir yang diisi. Isi aja sesuai contohnya, soalnya nggak semua perlu diisi. Dan yang paling penting, di bagian sampul map juga cek! Soalnya kemarin ada yang kurang. Pojok kanan atas di bagian keperluan, tulis SIM A / SIM C. Di bagian bawah tulis nama lengkap juga.

6. TUNGGU DIPANGGIL

Setelah itu tinggal nunggu ada panggilan no antrian berapa sampe berapa baru boleh masuk ke dalam. Nunggunya semua di luar pagar. Tapi jangan khawatir, disediakan kursi panjang kok bagi yang capek berdiri.

7. LOKET 3

Setelah range no antrian dipanggil, barulah kita masuk ke dalam gedung. Langsung ke loket 3. Tulisan no loket sudah jelas dan besar digantung di atas, jadi nggak perlu takut untuk tersesat. Belum lagi no loketnya berurutan berjejer-jejer. Semakin besar no loket, semakin masuk ke dalam gedung.

Ruangan pertama ini seperti ‘ruang tamu’nya. Ada meja resepsionis panjang yang di situ adalah loket 3-4 (dengan 4 petugas di baliknya). Di loket 3 ini kita menyerahkan map yang berisi formulir beserta berkas-berkas yang aku sebutin di atas. Kalau sudah, kita akan diminta untuk bergeser ke loket 4.

8. LOKET 4

Di loket 4 ini kita diminta untuk membayar biaya perpanjangan. Inilah saatnya kalian untuk menyiapkan dompet. Berikut rincian biayanya:

wpid-daftar-biaya-resmi-pembuatan-sim-jpg

Karena aku ngurus perpanjangan SIM C, jadi aku bayar 75rb. Kalo udah nanti kita bakal dikasih mapnya yang tadi dan diminta untuk ke loket 5.

9. LOKET 5

Loket 5 ini ada di ‘ruang tengah’. Begitu masuk, nanti ada ruangan di sebelah kanan dengan tulisan “LOKET 5”. Masuk aja ke situ, setorkan mapnya ke petugas di balik meja. Loket ini adalah ruangan untuk foto. Jadi tunggu aja sampai nama kalian dipanggil. Bisa nunggu di dalam (cukup untuk 4 orang aja) atau di luar (disediakan kursi panjang). Begitu nama kalian dipanggil, nanti kalian langsung duduk di depan petugas yang ada kameranya. Nanti akan diminta untuk nempelin jempol ke alat scan dan juga tanda tangan. Baru setelah itu difoto *ckrik*. Nggak usah berharap foto kalian jadi cakep/cantik, karena hasilnya…. ya begitulah. Wkwkwk. Setelah itu nanti kalian akan dikasih kwitansi pembayaran (kayak struk bayar listrik) dan diminta untuk ke loket 6.

10. LOKET 6

Loket 6 ini ada di ‘ruang belakang’. Walau di tembok atas pintu (yang nggak ada pintunya) tulisannya “LOKET 6”, tapi begitu masuk yang ada malah loket 7. Hehe, nggak paham deh. Jadi kwitansinya tadi dikasihkan ke loket 7. Setelah itu duduk sebentar, udah dipanggil lagi daaannn….. JADILAH SIM BARU!

Kalo udah, ya udah deh pulang. Keluarnya lewat pintu belakang (yang ternyata adalah pintu samping gedung). Nanti ada tulisannya “KELUAR ->”. Begitu keluar, lurus, udah langsung pintu pagar.

Nggak nyangka sih secepat ini prosesnya walaupun di polresta. Nggak tau ya apa karena emang lagi sepi, soalnya lumayan sih cepet prosesnya. Mungkin 15 menit nggak nyampe. Dulu pernah nganterin temen buat memperpanjang di MOG, kebetulan lagi sepiiiiiii banget. Cuma dia seorang, sama ada 2 orang juga baru dateng. 5 menit langsung jadi. Salut deh pokoknya sama pelayanan masyarakat yang satu ini. Bersyukur juga kemarin lagi sepi, maklum hari biasa, bukan weekend. Jadi kalo mau sepi ya hari kerja datengnya.

Jadi intinya, mending memperpanjang aja lah daripada bikin baru. Pake tes segala soalnya. Tesnya nggak cuma teori tapi juga praktik lho! Jadi, jangan males buat ngecek masa aktif dari SIMmu ya!

 

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s