Posted in Hobi, Kristik

Victorian Charm #MySeventhProject – Part 1

1235523_613123435406924_1333297105_n

Karena SAL Bothy udah PD bakal selesai cepet, akhirnya daftarlah aku untuk SAL Building. SAL Building berarti temanya adalah building atau bangunan. Keluaran terserah yang penting ada bangunannya. SAL ini waktunya 1 tahun (November 2014 – Oktober 2015), makanya kebanyakan pilih desainnya yang gede-gede dan rumit. Karena aku pikir building berarti yang dominan bangunannya, akhirnya pilihanku jatuh pada Victorian Charm by Dimensions. Aku beli kitnya ORI alias original *tepuk tangan*. Ini kit Dimensions pertamaku. Yah harganya lumayan, tapi worth banget lah walau bikin mata cenat-cenut gegara kainnya warna navy. Udah warna navy, 18ct lagi. Kemarin bikin proyek buat ulang tahunnya Tiwul juga di 18ct sih, tapi kan warna kainnya cerah, jadi pro sama mata gitu. Tapi nggak papa, biar pengalaman. Malah pengen nyoba kain item juga *cari perkoro*.

Project ini aku bikin santai aja. Soalnya waktunya 1 tahun. Walau agak pesimis juga bisa selesai apa nggak, tapi Insyaallah bisa lah. Lihat semangat xxx dari peserta lain yang dalam 1 bulan udah jadi buanyak dengan pola yang keliatannya rumit sukses bikin ikutan semangat. Semoga semangatnya bisa awet sampe setahun ke depan.

Kit Dimensions ini bener-bener memanjakan penggunanya. Kalau setauku sih kit-kit Dimensions keluaran lama, benang-benangnya nggak ada kode ataupun tempat benang buat bedainnya. Jadi semua benang dibundelin jadi satu. Stitcher yang harus secara mandiri memberi kode. Salah ngira kode bisa berabe. Makanya banyak stitcher yang akhirnya beli chart kode warna benang. Jadi kayak semacam katalog warna benang beserta kode-kodenya. Nanti misahin benang di kit harus nyocokin 1-1 sama warna di chart. Kalau warnanya mirip-mirip itu yang bikin ketar-ketir. Tapi kabar gembira untuk kita semua, karena kit Dimensions keluaran baru (nggak tahu juga mulai keluaran tahun berapanya) di kitnya udah ada namanya thread organiser. Jadi semacam kertas tempat benang buat bedain kode benang, dimana di kertasnya udah ada tulisan kodenya. Seperti inilah penampakannya:

IMG-20141009-02576

Ini contoh isi kit Dim
IMG-20141009-02578
Penampakan thread organiser

Sayangnya walaupun benang udah dirapiin pake thread organiser, tapi ini yang menjadikan aku agak bingung. Soalnya kebiasaan di kit-kit yang udah pernah aku garap ada tempat buat nyantelin benang. Nah ini nggak ada lubang buat nyantelin. Saran di petunjuknya juga nggak memberikan solusi. Karena aku tipe orang yang harus merencanakan dulu, jadinya aku nanya ke suhu Arema Stitchers. Kata Mba Eva sih dicantelinnya di kertas itu melingkar di atas kode benangnya.DSC_6473

Yah baiklah, masalah benang sudah terpecahkan. Langsung saja njajal kain warna navy-nya. Aslinya mau nggak pake grid, biar keliatan (sok) pro gitu. Tapi apa daya ini pola pertamaku yang cukup rumit. Mau nyoba bikin dari pojok kiri, kok ya males banget mau ngitunging kotaknya yang kecil dan susah dilihat. Keliatan kalau diterawang atau dalam keadaan terang benderang. Alhasil aku grid lah kainnya.

Dari hasil observasi saat beli erasable pen, banyak pertanyaan tentang “kalau nge-grid kain warna gelap, mending pakai warna apa?” dan banyak olshop yang menyarankan pakai warna pink keunguan. Dan aku coba-lah untuk gridding. Hasilnya?

IMG-20141009-02580

Wahahaha, udah kayak ngecek uang asli apa palsu aja. Garis gridnya keliatan kalau dimiring-miringin kayak liat stiker hologram. Tapi lumayanlah masih cukup keliatan, daripada nggak pake grid sama sekali *ngeri*. Masalah kain sudah terpecahkan. Sekarang waktunya menterengin pola.

Untuk pola Dim, nggak seunyu dan colorfull kayak polanya SODA. Lebih minimalis, black and white. Tapi masih mendingan daripada pola HAED yang full B/W soalnya ada kode yang warna merah, jadi nggak kayak lagi baca koran lah. Kode untuk benang blend alias campuran antara 2 warna benang lumayan banyak. Belum lagi half stitch yang lumayan banyak. Keliatannya lebih enak ya kalau nemu halfstitch, tapi karena aku belum terbiasa (biasanya bisa ngelewatin satu baris 2 kali, ke kanan dulu baru ke kiri, halfstitch malah cuma sekali lewat) jadinya digarap belakangan aja lah.

Ini adalah progressku sampai saat ini.

IMG-20141018-02597
18 Oktober 2014 – Buat setoran 1 (November)
IMG-20141104-02674
4 November 2014 – Buat setoran 2 (Desember)
IMG-20141111-02706
11 November 2014
IMG-20141209-02933
9 Desember 2014

Sampai hari ini masih belum kesentuh lagi WIP ini. Masih belum ada waktu dan mood buat buka kain panjang dan lubang kecil-kecil lagi. Ditambah nyambi buat SAL Nora Corbett, jadi bagi perhatian buat 2 WIP ini. Semoga cepet kepegang lagi~

Happy xxx !

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s