Posted in Hobi, Kristik

Crosstitch / Kristik: Cara Membuat Tusukan Penuh (X)

Setelah kemarin kita sudah belajar alat dan bahan apa saja yang harus dipersiapkan, serta bagaimana memulai mengkristik dengan melakukan gridding, sekarang aku ingin berbagi tentang bagaimana cara membuat tusukan. Bagi yang pengen nyoba, tapi nggak tahu harus memulainya gimana, yuk aku bantu. Ini juga gara-gara kemarin agak ragu mau memulai gimana.

Pertama, setelah menyelesaikan gridding, kita lihat nih pola yang ada di kertas pola. terserah sih mau mulai dari bagian dan warna apa. Yang penting sebaiknya kalau masih pertama kali, pilih yang polanya gampang, kayak berderet lurus aja dulu. Kayak pola yang lagi aku garap, yang gampang adalah pola phonebox ini:

box

Itu banyak yang lurus kan? Termasuk pola yang gampang buat pemula. Aku sendiri nyoba yang bertingkat-tingkat kadang kesulitan.

Oke, sebelum belajar membuat tusukannya, hal yang membuat pemula bingung adalah memulai memilih benang. Setelah memilih pola mana yang mau dibuat, ambil benang yang sesuai dengan warna pola. Awalnya aku juga bingung nih, itu benang kan tebel (kalau yang improt, eh import). Padahal yang dibutuhkan untuk full cros-titch alias tusukan penuh alias bentuk X dibutuhkan 2 helai sajo. Jadi, rada bingung juga gimana ini. Aku liat-liat di yutub, ketemu deh caranya.

CARA MEMULAI DENGAN BENANG

Jadi, dari bundelan benang yang tebel itu terdiri dari 6 helai kecil. Nah, ambil aja 1 helainya, pisahkan.

IMG-20140305-02057

Agak blur deh gambarnya, maap nih. Maklum kamera nggak auto fokus. Itu keliatan kan satu benang ada 6 helai. Ambil aja satu. Cara misahkannya bisa dengan cara langsung ditarik keluar. Tapi perlu hati-hati supaya nggak kusut benangnya.

IMG-20140305-02062

Kalau aku pribadi nemu cara yang lebih praktis, yaitu menariknya searah dengan arah benang (kalau benangnya halus). Jadi agak di ujung atas (posisi benang vertikal) jari telunjuk dan jempol tangan kiri memegang, sedangkan telunjuk dan jempol tangan kanan menarik sehelai benangnya ke atas.

IMG-20140305-02064

Kalau udah, masukkan ke dalam jarum. Kalau di petunjuk dibutuhkan 2 helai benang, pakai aja 1 helai, terus setelah masuk ke jarum tiap ujungnya disamain. Kayak jahit baju. Kadang ada juga yang perlu 3 helai atau 4 helai benang (biasanya untuk yang lubangnya besar). Ini bisa langsung pakai 3 helai dimasukin ke jarum. Untuk 4 helai benang, bisa pakai 2 helai dan tiap ujungnya disamain atau langsung pakai 4 helai benang sekaligus. Tergantung kenyamanan aja. Nanti kita ulas lebih lanjut ya.

Dan mari kita belajar membuat tusukan.

CARA MEMBUAT TUSUKAN SILANG / PENUH (X)

Cara 1

  • Pertama, tusukkan jarum dari bawah kain. Terserah mau mulai dari kiri atas atau bawah. Kalau aku pribadi lebih suka mulai dari kiri bawah. Kita anggap aja mulai dari kiri atas ya (lihat gambar).
  • Setelah keluar dari bawah kain, tusukkan ke arah kanan bawah sehingga terbentuk 1/2 silangan.
  • Setelah itu tusukkan jarum ke atas, sehingga jarum akan keluar di sebelah kiri atas pada kotak kedua. Ujung benang bisa diselipin di belakang (lebih jelas lihat gambar bawah sendiri). Tusukkan ke kanan bawah lagi. Ulangi sampai kotak terakhir.
  • Jika sudah sampai di kotak paling ujung, keluarkan jarum di atas kain di kotak sebelah kanan atas. Sekarang berbalik ke kiri, tusukkan ke kiri bawah. Sekarang sudah 1 buah X yang terbentuk. Lanjutkan sampai pada garis awal tadi.

x

Perlu diketahui nih, kristikers, kalau dalam mengkristik arah tusukannya harus sama ya. Kalau misalnya benang yang di atas arahnya ke kiri, ya semuanya harus ke arah kiri. Jangan sampai benang yang di atas ada yang ke kanan. Nanti hasilnya jadi nggak halus dan rapi.

Cara 2

Selain cara di atas, ada juga saat dimana kita (gue kaleee) nggak mau repot sampai ke ujung dulu, atau disaat kita cuma nemuin 1 X aja di pola. Ini cara yang paling sederhana.

Ikuti pola di bawah ini.

cross_stitch_2

  • Dimulai dari bawah kain, keluarkan jarum dari titik A.
  • Kemudian masukkan jarum ke titik B.
  • Lalu keluarkan lagi lewat titik C.
  • Masuk lagi ke titik D.
  • Kalau mau ke kotak sebelahnya, keluarkan lagi lewat titik E.
  • Kemudian masukkan ke titik B.
  • Keluar lagi lewat titik D.
  • Masuk lagi lewat titik F.
  • Begitu seterusnya

Tapi aku lebih suka cara 1, soalnya di belakang jadi lebih rapi. Kalau cara 2, garis-garis putus itu yang di bagian belakangnya. Ini contoh hasil kerjaanku pake cara 1.

back

Lebih rapi kan? *muji diri sendiri* Maksudnya polanya jadi lurus-lurus gitu. Kalau cara 1 ya bentuknya jadi zigzag gitu. Tapi nggak masalah sih, selama kita nggak mempermasalahkannya. Yang penting kan bagian atas kainnya yang diliat. Tul ga?

CARA MEMULAI DAN MENGAKHIRI TUSUKAN

Mungkin banyak juga yang bingung, bagaimana awal membuat tusukan. Sebenernya banyak cara, sesuai dengan keinginan dan kenyamanan masing-masing pribadi aja. Ada yang memulainya cuma disisain benang di bawah kain, ada yang diselipin ke benang lain supaya jaga-jaga kalau lepas.

Kalau saranku sih, tetep diselipin di benang.

Untitled

Sekian tips dari newbie. Nanti kita lanjut lagi di tips-tips lainnya ya~

Happy Cross Titch😉

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

4 thoughts on “Crosstitch / Kristik: Cara Membuat Tusukan Penuh (X)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s