Posted in Hobi, Kristik

Crosstitch / Kristik: Cara Gridding (Sky Blue Street #MyFirstProject)

Akhirnya yang ditunggu dateng jugaaaaa…. Lagi siap-siap ke kampus, tok tok tok, ada kurir nganterin barang. Wah, udah nebak nih pasti kristik pesenanku. Tapi yang mana duluan ya yang dateng, yang dari Jogja atao Surabaya nih.

Dan ternyata… TARA!!!

CYMERA_20140226_111734

Waaaa hatiku gembira, riang tak terkira, memegang ‘anak’ku~

Ini aku juga beli washable pen, jadi buat gridding alias ngotak-ngotaki kainnya biar gampang. Ntar aku jelasin. Aku udah nggak sabar pengen buka dan odol-odol. Tapi aku harus ke kampus dulu, ngurus ujian magang. Haduh, cuss langsung ke kampus. Mampir bank-setor tunai-transfer atm (beli rok)-ngperint-ke lantai 4-ambil form yang di ttd pembimbing-naruh form di sekprodi-dan CUS PULANG.

Rasanya kayak manten anyar, bawaannya pikiran tertuju pada yang di rumah *soktaumantenanyar*. Sampai di rumah, langsung tak peluk-peluk, tak ajak nari-nari sambil nyanyi *lebay*. Becanda. Cuma senyam-senyum aja liatnya. Sayang banget mau bongkar. Tapi kalau nggak dibongkar terus mau diawetin?

Setelah ganti baju, langsung buka plastiknya dengan hati-hati. Keluarin dengan hati-hati. Membuka lembaran pola dengan hati-hati. Wah serba hati-hati pokoknya. Secara ini kristik perdana, kerasa ‘mewah’ dong.

Di dalamnya, seperti kata orang, udah komplit. Namanya juga kit, jadi sudah komplit. Dari pola, kain aida, benang (china kilap), jarum, bahkan instruksi cara jaitnya juga ada. Ini aku foto, biar kayak para kristikers lainnya. Hoho.

CYMERA_20140226_112107

Karena ini kit perdanaku, jadi aku masih belom paham sama namanya kit ori atau kw. Jujur aja ini kit kw ya teman-teman. Jadi saya jangan dipenjara ya. Kemarin pokoknya ada gambar lucu dan murah, beli deh. Hehe.

Agak kaget juga, lumayan menantang nih pola, gede gitu kainnya. Padahal pemula tapi berani juga aku nyoba. Hahaha. Nggak papa lah, biar cepet jadi pro *amiiiinnn*. Jadi buat yang belum pernah liat wujudnya, ini tak liatin.

CYMERA_20140226_112219

Seperti diketahui, langkah pertama kali yang harus dilakukan setelah berhadapan sama kit adalah:

  1. Cuci tangan sampai bersih dan hindari yang namanya sambil makan. Ini aku dapat setelah mengamati banyak kristiker yang menyarankan ini. Soalnya nggak tega juga kalau liat benang/kainnya kotor gara-gara kecerobohan kita. Ya nggak? Daripada nanti bingung cara bersihinnya.
  2. Pindahkan benang ke wadah dengan memberinya tanda simbol seperti yang ada di pola. Ini sebenernya biar lebih gampang aja dalam mengkristik. Kan kita nantinya akan lihat ke pola, dimana gambar polanya terdiri dari simbol-simbol. Simbol-simbol itu nanti ada keterangan lanjutnya di bagian list simbol, kode warna yang ditunjukkan simbol itu tadi. Nah, pemindahan ini maksudnya biar kita nggak kerja 2x gitu, tiap mau bikin pola A dengan simbol (+) liat dulu di daftar simbolnya, (+) itu kode warna apa. Daripada buka-buka daftar simbol gitu. Jadi kalau dipindahin ke tempat benang (namanya bobbins) biar kita liat polanya aja, trus tinggal ambil benang dari tempat benang yang simbolnya sama. Tapi selama kitnya sudah menyediakan tempat benang (berupa kertas bolong-bolong), ya nggak usah juga dipindah ke bobbins. Soalnya yang perlu dipindah kalau misal benangnya skein-skein-an. Skein itu kayak di gambar atas, ada benang yang di luar bundelan kertas benang. 
  3. Lakukan pembidangan / gridding pada kain strimin, untuk memudahkan kita. Wah ini nih yang paling berguna dan membantu. Bahkan para pro sekalipun membutuhkan yang namanya gridding. Apalagi kalau bidangnya luas banget. Kalau kainnya kecil, nggak digrid juga nggak papa. yang penting kudu jeli dan teliti. Hehe.
  4. Selamat mengkristik~ Setelah melewati tahap itu, silahkan untuk memulai. Bebas dong mau mulai dari sebelah mana. Mau kiri, kanan , atas, bawah, tengah, sesuka hati.

Sebenernya selama mau memulai griding, aku nggak punya bayangan sama sekali gimana akhirnya bisa jadi kotak-kotak gitu. Kalau ngotaki per 10×10 sih paham, tapi gimana mulainya? Apa langsung dari kiri, atau dihitung dari pinggir jaraknya kelebihan kain sampai pola, atau gimana.

Karena aku takut salah dan merusak karya pertamaku, akhirnya aku berinisiatif mencari tau lewat mbah gugel. Tapi lagi-lagi minim informasi (atau aku yang nggak teliti aja ya). Akhirnya usaha terakhir adalah dengan bertanya kepada suhunya. Akhirnya aku tanya sama mba Pingkan via fb. Dan alhamdulillah langsung dibales. Yaayy… Langsung nyembah-nyembah berterima kasih, hehe.

Jadi begini kawan-kawan CARA MELAKUKAN GRIDING:

  • Tentukan titik tengah dari kain strimin dengan cara melipat baik ke atas dan ke bawah. Tekan aja bagian titik pertemuan antara dua tekukan. Yang agak kuat kalau kainnya kaku, soalnya cepet ilang. Titik pertemuannya bisa langsung dikasih tanda sama washable pen.
  • Kalau sudah, boleh tarik garis vertikal dan horisontal supaya lebih jelas.

CYMERA_20140226_143711

  • Setelah mendapatkan titik tengah antara garis vertikal dan horisontal, kita lihat di pola. Di bagian tengah pola nantinya akan ada tanda berupa tanda panah. Tanda panah inilah yang menjadi garis tengah dari kain.

atas grid
Contoh tanda panah vertikal (garis hitam merupakan garis tengah)
bawah grid
Contoh tanda panah horisontal (garis hitam merupakan garis tengah)

Kadang dia lebih ke atas, kiri, kanan, bawah dari sepuluh kotak tengah. Ikuti aja, soalnya waktu aku coba untuk tetap menjadikan garis tengah berada di tengah, hasilnya ya agak miring.

Garis tengah itu hanya untuk memudahkan kita dalam melakukan peletakan hasil kristikan untuk berada di tengah. Karena pola yang ada belum tentu benar-benar berada di tengah kain. Bisa aja memang pola yang tergambar komposisinya lebih miring.

  • Setelah garis tengah sudah diketemukan, sekarang hitung kotak persepuluh dari garis tengah itu tadi sambil diberi tanda/langsung digarisi juga boleh. Tapi kainku lebar banget, dan aku masih hati-hati jadinya aku tandai dulu aja biar nggak salah hitung.

 

CYMERA_20140226_145613

 

 

  • Setelah ditandai, bisa langsung digarisi. Baik garis vertikal maupun horisontal.

CYMERA_20140226_151442

Garisnya itu pas sama lubang-lubangnya ya, jangan di tengah antara lubangnya.

CYMERA_20140226_151454

  • Kalau sudah, langkah terakhir tinggal dikasih tulisan angka, jumlah persepuluh kotaknya. Biar gampang nyocokin sama polanya.

 

CYMERA_20140226_152048

SELESAI deh~

________________________………………….

Start 15.00 End 21.58 @26/02/14

CYMERA_20140226_215154

Gila, kayaknya baru sebentar tapi lama juga ya. Cuma diselingi sama istirahat bentar bentar. Jadinya masih segini. Waow. Stil faaarrrrr~

SEMANGAT!!!

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

9 thoughts on “Crosstitch / Kristik: Cara Gridding (Sky Blue Street #MyFirstProject)

    1. Salam kenal juga mba Farhana🙂

      Washable pen bisa dibeli di toko perlengkapan kristik mba, baik toko online maupun offline.

      Tapi karena aku tipe orang yang males ke toko, jadinya beli online, hehe.

  1. wahh mbak, baru tau skrg ada teknik gridding gini ..
    jd nambah ilmu, makasi ya🙂
    biasanya saya klo ngristik, asal aja nentuin mulài dr mananya..
    boleh saya tau akun fb nya mbak?

    saya lebih sering fb an & pengen sharing2 soal kristik🙂
    makasi🙂

    1. Wah seneng kalau bisa berbagi ilmu.🙂

      Akun fb saya yang ada grub / friend kristikernya adalah “Yumnaa Fash”. Semoga keluar di search😛. Nanti bisa join grub kristiker Indonesia biar bisa sharing2 sama yang lain🙂

      Selamat bergabung di dunia kristik😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s