Posted in Hobi, Kristik

CrossStitch / Kristik: The Beginning | First Order

Awalnya ketertarikanku dengan kristik berawal dari DIA. Entah ada angin apa tiba-tiba DIA nanya ke Mamanya tentang kristik garuda yang dipajang di ruang tamunya. Dengan bangga Mamanya bercerita bahwa itu hasil karyanya. Dan DIA menyarankan agar Mamanya membuat lagi, karena harganya bisa sampai ratusan ribu. Karena Mamanya nggak percaya dan tertantang juga untuk buatnya, akhirnya minggu kemarin pergilah ke daerah Pasar Besar Malang, di depan Matahari persis. Belilah sepaket (pola+kain+benag+jarum) gambar Ka’bah. Dan di sana juga ada dijual yang udah jadi, dan harganya memang ratusan ribu. Hoho.

Nggak tau kenapa, aku tergoda juga dengan kerajinan ini. Pengen rasanya punya hobi. Kemarin pengennya pakai kain flanel. Tapi karena kain flanel bentuknya terlalu luas, harus bikin polanya, cari kainnya juga nanggung banget kalau beli online, kalu beli offline cari tokonya yang susah susah gampang. Akhirnya gagal juga berkutat dengan kain flanel. Nah karena mumpung ‘tersentil’ untuk karya kristik ini, iseng-isenglah aku browsing cari tau tentang kristik.

Dan…. WOW! Perkembangannya sudah sangat jauh sekali. Dibandingkan dengan pengetahuan kita jaman nenek kita masih muda, yang mengkristik pakai benang wool yang njerabut-njerabut, sekarang macem benangnya buanyak. Udah gitu pola (desain)nya lucu-lucu, bagus-bagus. Wah terpukaulah aku setelah lihat banyak olshop-olshop yang jual. Rasanya pengen bikin karya sebagus kayak digambarnya. Walau dengan harga yang lumayan wow juga sih.

Aku juga nemuin grub pecinta kristik, banyak yang aktif berdiskusi kalau ada yang menemukan kendala-kendala. Wah, komplit sudah. Tapi tapi tapi, bagi pemula kayak aku, bahasa yang dipakai para suhu di grub sangatlah tidak familier. Aku coba-coba cari tahu tanya mbah gugel, agak susah dapat informasinya. Kalau untuk aku pribadi, harus tau dulu secara teorinya, baru praktik. Kalau nggak gitu nanti blas-blaso nggak tau musti ngapain. Jadi seenggaknya dasarnya udah paham dulu lah.

Tapi semangat nggak akan muncul kalau nggak ada target kan? Makanya aku seharian kemarin langsung browsing di olshop-olshop pola yang menarik di mataku. Ada beberapa pola dari yang simple, cukup simple, dan rumit yang aku naksir banget. Berikut daftarnya: (SAYA NGGAK JUALAN LHO YA…)

SPRING COMES

RK 207 14ct 327h 217w

14ct | 327h x 217w

Aku langsung jatuh hati sama warna pinknya. It’s colorfull.

SUMMER COMES

AK 210 14ct 60 40cm

14ct | 60 x 40cm

Ini juga satu seri sama Spring Comes. Aku suka warna rumahnya, blue. Kalau untuk Autumn Comes sama Winter Comes nggak begitu suka, warnanya sama semua (coklat semua dan putih semua). Pasti nanti bakal jereng mata liat warnanya itu-itu aja😀

FOUR SEASON

RK 693 dmc 14ct 605 212

14ct | 605h x 212w

Wah lihat bangunan-bangunan ini di bidang yang memanjang, so artistic.

SIDEWALK CAFFE

RK 210 14ct 189w 152h

 14ct | 189w x 152h

Yah, aku lumayan suka sama desain ini. Detailnya lumayan menantang. Hahahaha… *sok pro*

EUROPAN BISTRO

RK 360 dmc 256w 176h 14ct

14ct | 256w x 176h

Woahhh, masterpiece paling aku kagumi. Spechless lah lihatnya. Ngiler pula. Wkwkwkwk.

Tapi karena kit atau paket impor yang ready harganya lumayan bikin nelen ludah, kalau yang lumayan murah masih sistem PO 1-2 bulan) yang aku nggak bisa nunggu lama lagi. Aku kebeletnya sekarang masa iya harus ngempet sampai 2 bulan. Ditambah aku juga masih baru pemula kan, masih mau belajar aja, akhirnya aku cari-cari produk asia (cina/korea semacamnya) dengan pola yang unyu-unyu dan simple. Harga sama aja sih, tergantung ukurannya.

Dan selama lihat-lihat itu, aku naksir sama ini:

LITTLE HOUSE

1012747_143887772476668_1459694089_n

Lucu kaaannn? Semacam rumah barbie gitu. Tapi harganya juga ternyata nggak kalah bikin patah hati. Terus sebelum memutuskan untuk memilih, aku agak bingung antara 2 pilihan. Ini salah satunya:

14ct - 258w x 110h 167

Ini karena warna-warni, dan dari para suhu juga bilang hasil jadinya bagus banget. Tapi tapi tapi….. Akhirnya aku pesen yang ini:

SKY BLUE STREET

199 14ct 545w 97h

14ct | 545w x 97h

Yayy, kit pertama yang aku order. Sekarang tinggal nunggu dia perjalanan ke pelukanku~

Kalau dilihat-lihat, kok aku naksirnya sama pola bangunan-bangunan ya. Hehe. Habisnya kalau makhluk hidup dengan bentuk menyerupai aslinya sebenarnya dilarang dalam agama. Jadi aku ambil yang pemandangan aja. Lebih dapet juga feel hiasannya. Aslinya pengen pola masjid, tapi harganya… Lagi-lagi masalah harga. Maklum, masih mahasiswa yang masih nyusu orang tua. Agak nggak enak juga. Harapannya sih semoga bisa jadi mata pencaharian juga.

Semoga kau cepat datang nak… Hihi, udah nggak sabar pengen kenalan sama kerajinan kristik ini. Nanti aku update lagi ya kalau sudah dateng.

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

6 thoughts on “CrossStitch / Kristik: The Beginning | First Order

  1. waw… keren gara- gara blog ini aku jadi pingin cepet-cepet bikin kristik lagi. makasih mba atas informasinya aku juga sedang mencari pola kristik gambar masjid jadi geregetan ngeliat pola pola yang lucu

    1. Terima kasih mba. Seneng bisa berbagi🙂

      Saya sudah dapat beberapa pola masjid, lebih tepatnya Blue Mosque. Kalau untuk masjid kayak Masjidil Haram masih belum nemu. Nanti Insha Allah saya share, soalnya ini free pattern.

    1. ayo bikiiiiiinnn😀

      kalau mau konversi dari benang DMC ke benang china CMC, biasanya sama kok kodenya. cuma benang chinanya ada tambahan kode 8-nya.

      jadi misal DMC 310, benang CMC kode 8310. tapi mending tanya langsung aja sama yang jual, kodenya gimana.🙂

Leave a Reply

