Posted in Lomba Blog, Story of Me

Cantikku, Halalku

Siwon, Hyun Bin, SNSD

Siapa sih yang tidak mengenal si ganteng Siwon, Hyun Bin, atau para gadis cantik SNSD (Girl Generation)? Bagi pecinta K-Pop sudah menjadi ilmu paling dasar untuk mengenal mereka. Tidak heran kalau sekarang banyak yang menggila-gilai girlband atau boyband dari Korea karena memang Indonesia sudah terkena Korean Wave.

Hallyu atau Korean Wave (“Gelombang Korea”) itu istilah yang digunakan saat tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara. Tidak sedikit pengaruhnya bagi Indonesia sendiri. Sekarang fashion atau gaya berpakaian yang sedang ‘naik daun’ tidak bukan adalah gaya Korea. Tidak hanya itu, sekarang makin banyak perempuan Indonesia yang mengagumi kecantikan orang Korea yang terkesan putih dan bersih sehingga terlihat sangat ‘bercahaya’ walau tanpa kosmetik yang berlebih. Hal ini tentu dapat mempengaruhi psikis remaja maupun dewasa perempuan di Indonesia. Mereka akan cenderung untuk memodelling atau meniru baik cara berpakaian, cara berpenampilan, bahkan hingga kepribadiannya. Kalau yang ditiru tidak berlebihan alias masih dalam batas wajar sih, oke oke saja. Tapi kalau sudah menjurus ke hal yang tidak baik, seperti ingin putih sehingga berusaha mati-matian memutihkan kulit dengan segala macam cara, misalnya menggunakan produk yang tidak jelas dan dapat mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan bahkan yang tidak halal sekalipun tentu dapat merugikan. Atau ingin memiliki tubuh seksi atau berbadan kurus dalam waktu cepat dengan mengubah pola makan secara drastis, sehingga terkena eating disorder seperti anorexia dan bullimia, kan berbahaya. Ya kita membicarakan hal yang paling ekstrem, nih! Hehe.

Aku sendiri sangat mengagumi keindahan dari perempuan Korea yang putih dan segar. Terlintas di pikiran ingin seperti mereka. Tapi suatu hari aku melihat sebuah iklan kosmetik di sebuah majalah yang menampilkan gambar Inneke Koesherawati. Dia terlihat begitu cantiknya, apalagi dengan jilbab yang dengan anggun menutupi kepalanya. Saat itu juga aku menyadari kecantikan eksotis orang Indonesia tidak kalah dengan kecantikan orang Korea. Dan saat aku bercermin, hal yang aku sadari adalah “AKU ADALAH PEREMPUAN INDONESIA” dan aku…… cantik! Hehe.

Hukum Berhias Menurut Islam

Untuk menjadi ‘lebih’ cantik, banyak perempuan yang menggunakan tambahan kosmetik di wajah mereka agar terlihat lebih memukau. Tapi hukum berhias sendiri bagaimana sih?

Menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, bersolek atau berhias bagi seorang perempuan adalah suatu keharusan untuk menyenangkan hati suaminya selama masih dalam batasan aturan syariat. Karena memancing suami untuk semakin cinta kepada istri dapat mendukung kehidupan yang rukun.

Kalau untuk yang belum memiliki suami? Jangan khawatir. Selama tujuan dari penggunaan kosmetik itu tidak untuk hal negatif yang dapat menjerumuskan ke dalam tabarruj atau menampakkan perhiasan (diri) kepada lawan jenis yang bukan mahramnya sehingga dapat membawa kemadharatan, kosmetik masih dianjurkan.

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُم مَّا فِي الأَرْضِ جَمِيعًا

“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu……” [Al Baqarah : 29]

Firman Allah: maksudnya adalah perintah untuk pemanfaatan segala hal yang ada di bumi secara umum, selama tidak untuk sesuatu yang haram. Termasuk salah satunya adalah untuk mempercantik diri. Mengapa mempercantik diri itu dibolehkan? Karena sesungguhnya Allah itu indah dan suka dengan keindahan. Kosmetik bahkan dianjurkan untuk digunakan karena dapat membuat seorang perempuan terlihat sehat dan segar di samping tidak terdapat unsur-unsur yang melanggar syar’i maupun medis.

Kosmetik dengan tujuan untuk sebatas melindungi kulit agar tetap sehat tanpa harus mengubah kealamiannya (menggunakan bahan-bahan sederhana dan tergolong aman) tidak menjadi masalah berdasarkan fiqih Islam.

Namun perlu diingat bahwa Allah tidak suka hal-hal yang berlebihan dalam mempercantik diri yang menjadikannya prioritas utama dalam hidup di dunia dan mengesampingkan urusan agama. Hal ini sudah termasuk israf (perbuatan menyia-nyiakan harta) dan Allah tidak menyukai perbuatan israf. [Fatawa Al Mar’ah Al Muslimah, I/476].

Wardah Cosmetics

Di Indonesia, produk kosmetik pertama yang menampilkan iconnya seorang perempuan berjilbab adalah Wardah. Pertama kali dicetuskan oleh Ibu Nurhayati, seorang pendiri PT Pusaka Tradisi Ibu (PTI) yang pernah bekerja di perusahaan kosmetik asing. Ibu  kelahiran Padang Panjang tahun 1950 ini awalnya hanya memulai usahanya dengan produksi rumahan berupa shampoo berlabel “Putri” dengan pemasaran door-to-door ke salon-salon pada tahun 1985. Alhamdulillah produknya dapat diterima oleh masyarakat.

Ide untuk membuat kosmetik khusus untuk komunitas muslimah baru muncul sepuluh tahun kemudian. Berawal dari kekhawatiran produk yang telah ada mengandung unsur yang diharamkan dalam syariah. Sehingga alumnus farmasi ITB Bandung itu memilih nama “Wardah” (arti: bunga mawar) untuk nama merk kosmetik barunya.  Setelah produk Wardah sukses, diluncurkanlah merk kedua “Zahra”. Dan masih ada beberapa merk lagi yang akan diluncurkan, seperti Fadhila, Muntaz dan Kamila.

Meskipun pada awalnya tema yang dibawa adalah kosmetik halal dengan sasaran perempuan muslimah, namun sekarang telah berkembang menjadi lebih luas. Tidak hanya perempuan berjilbab saja yang menggunakan Wardah, tetapi juga perempuan yang tidak berjilbab.

Kini sudah tersebar luas agen-agen produk kosmetiknya di kota-kota di seluruh Indonesia. Dari kedua merk (Wardah dan Zahra) saja PTI sudah mampu meraup omzet hingga Rp 2 miliar per bulannya. Produk yang dihasilkan mencakup semua perawatan tubuh, mulai dari perawatan kulit, perlengkapan make up, hingga produk untuk bayi. Kini telah terdapat dua pabrik yang berkapasitas dua ribu ton untuk membuat 300 item kosmetik di Cibodas dan Jatake, Tangerang.

Pertama kali aku lihat iklan Wardah, aku langsung suka dan rasanya ingin segera punya produknya. Tapi berhubung dulu carinya susah makanya baru bisa punya tahun kemarin. Untuk aku sendiri, selama ini belum menemukan produk yang cocok untuk kulitku yang termasuk jenis kombinasi ini. Karena baru berhias sebentar, beberapa jam kemudian sudah kelihatan mengkilap lagi wajahku. Ngomongin jenis kulit, ada beberapa jenis kulit yang umum di Indonesia, nih! Yaitu:

1. Kulit normal. Dikatakan kulit normal apabila saat disentuh kulit akan terasa mulus, memiliki pori-pori yang kecil, dan memiliki kadar minyak serta air yang seimbang.

2. Kulit kering. Jenis ini memiliki ciri sedikit bersisik, apabila digaruk menggunakan kuku dapat menimbulkan bekas putih, dan kadang warna di beberapa area lebih gelap dibandingkan area lainnya.

3. Kulit Berminyak. Kulit berminyak biasanya rentan terhadap jerawat. Karena cederung memiliki pori-pori besar dan produksi minyak berlebih. Jenis wajah berminyak ada dua, yaitu berminyak seluruh wajah dan berminyak kombinasi (hanya di daerah T, yaitu dagu, hidung, dan dahi).

4. Kulit sensitif. Karena cenderung dapat berubah menjadi berminyak atau kering, kulit jenis ini rentan mengalami masalah apabila menggunakan produk kosmetik yang tidak tepat. Terkadang dapat menimbulkan iritasi dan kemerahan.

Wardah memiliki berbagai macam produk yang cocok untuk semua jenis kulit di atas. Wardah sendiri terdiri dari skin care dan kosmetik, seperti foundation, bedak, eye shadow, mascara, lipstik, blush on, eye liner, dan lain-lain. Warna eye shadownya pun beragam sesuai dengan kebutuhan, seperti warna cerah untuk pesta atau sehari-hari maupun warna natural untuk ke kantor. Selain itu terdapat kemasan 3-in-1 yang mudah dibawa ke mana-mana, maupun make up kit yang terdiri dari banyak warna jika ingin berkreasi lebih dengan beragam warna yang lebih komplit.

Nah, karena aku punya wajah yang kusam, aku menggunakan lightening night cream yang bisa mencerahkan wajah saat malam hari. Cara menggunakannya mudah. Bersihkan wajah dan oleskan lightening night cream sebelum tidur. Lebih baik sih digunakan 30 menit sebelum tidur agar krim benar-benar meresap. Hasilnya? Begitu bangun tidur, wajah menjadi lebih cerah.

Selain itu, aku juga menggunakan eye liner untuk mempertajam mataku yang sayu. Enak banget dipakainya, karena lembut dan tidak menggumpal serta tahan lama. Tidak heran karena ternyata Wardah menyatukan konsep teknologi terbaru dan diformulasikan sesuai international dermatologist standart, sehingga penggunanya dapat merasakan kenyamanan dari teksturnya yang lembut. Untuk lipstik, aku pakai hanya kalau menghadiri pesta saja. Kalau untuk sehari-hari masih belum berani. Hehe.

Foundation dari Wardah juga lembut, mudah digunakan. Begitu dioles ke wajah, langsung rata. Rasanya juga seperti tidak menggunakan make up. Yang paling aku suka adalah aroma dari susu pembersih lightening milk cleanser, benar-benar menyegarkan!

Kosmetik Halal Berlabel MUI

Wardah merupakan kosmetik pertama di Indonesia yang mendapat label halal dari MUI. Karena mengusung label Islami, Ibu Nurhayati tentu memiliki tanggung jawab menjaga kepercayaan produsennya. Sehingga mulai dari bahan baku hingga proses pengolahannya diteliti sendiri walaupun sudah mendapat sertifikasi halal karena bahan bakunya sebagian besar masih didatangkan dari luar negeri. Tampaknya Ibu Nurhayati ini betul-betul ingin menerapkan moto dagangnya, yaitu “Suci dan Aman”.

Sertifikasi halal adalah fatwa tertulis dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), yang menyatakan bahwa suatu produk terjamin halal, sesuai dengan syariat Islam. Tujuan sertifikasi halal sendiri adalah untuk memberikan kepastian kehalalan suatu produk (pangan, obat-obatan, dan kosmetik), sehinggga dapat memberikan ketentraman bagi konsumen.

Suatu produk dapat dikatakan halal apabila memenuhi syarat:

  1. Tidak mengandung babi atau bahan yang berasal dari babi.
  2. Semua bahan yang berasal dari hewan halal, yang disembelih menurut tata cara syariat Islam.
  3. Semua tempat penyimpanan, tempat penjualan, tempat pengolahan, dan transportasinya tidak digunakan untuk babi. Jika pernah digunakan untuk babi atau barang yang tidak halal, terlebih dahulu harus dibersihkan dengan tata cara yang diatur menurut syariat Islam.
  4. Semua makanan dan minuman yang tidak mengandung bahan yang dilarang atau diharamkan.

Dengan tercantumnya label halal dari MUI, berarti Wardah telah memenuhi syarat-syarat di atas. Karena Wardah mengandung bahan yang aman dan halal. Wardah juga tidak mengandung hidroquinon yang dapat menyebabkan kulit iritasi dan bahkan menjadi penyebab kanker kulit seperti halnya mercuri.

Mercuri digunakan dalam kosmetika karena harganya yang murah dan dapat membuat kulit wajah tampak bersih dan mengkilap dalam tempo singkat. Namun, zat berbentuk cair dan berwarna keperakan ini dapat memicu timbulnya kanker, memasuki susunan syaraf pusat, tremor, insomnia, pikun, depresi, hingga gangguan penglihatan. Begitu pula dengan hidroquinon yang jika dipakai dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan iritasi dan alergi.

Selain dari MUI, Wardah juga mendapatkan International Halal Award dari World Halal Council sebagai pelopor kosmetik Halal di Dunia. Jadi untuk perempuan Indonesia tidak perlu khawatir lagi menggunakan kosmetik yang tidak halal karena Wardah sepertinya hadir untuk menentramkan penggunanya selain mempercantik penampilannya.

Cara Memilih Kosmetik

Sebelum menjatuhkan pilihan untuk membeli produk kosmetik, penting untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Legalitas Produk
Legalitas produk sangat penting untuk diperhatikan karena jika terdapat penggunaan yang dapat merugikan penggunanya, mereka tidak dapat dimintai pertanggunjawaban. Sekarang banyak sekali produk-produk yang menawarkan khasiatnya sangat ampuh namun tidak terdaftar secara resmi di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM). Untuk mengetahuinya, kita dapat melihat kode pendaftaran di Badan POM yang tertera di kemasan produk. Untuk produk lokal kode yang digunakan adalah CD dan produk impor CL.

2. Logo Halal MUI dan Komposisi
Cara kedua yang paling mudah adalah dengan memeriksa logo halal MUI pada kemasan. Kebanyakan produsen hanya mencantumkan komposisi bahan aktifnya saja. Sebagai konsumen, tentu keuletan dan ketelitian serta pengetahuan akan komposisi kosmetik menjadi kunci utama.

3. Nama dan Alamat Produsen
Produsen yang baik biasanya mencantumkan nomor khusus untuk pelayanan konsumen dan alamat situs web. Sehingga konsumen dapat dengan mudah mencari informasi atau mengajukan tuntutan jika terjadi hal-hal yang merugikan akibat penggunaan produk mereka.

4. Mencari Informasi
Konsumen sebaiknya mencari informasi pada produsennya langsung apabila tidak tercantum komposisi pada kemasan.

Cantikku Halalku

Dari penjelasan di atas sedikit banyak memberikan gambaran tentang produk yang halal terutama kosmetik, kan! Setiap perempuan, diri kita, memiliki kecantikan yang dapat dipancarkan dengan menggunakan kosmetik, seperti Wardah. Alasan Wardah memiliki berbagai macam jenis produk adalah untuk memperkuat karakter kita masing-masing. Selain dapat memancarkan kecantikan, Wardah juga dapat membuat kita merasa aman dan nyaman karena telah bersertifikat halal dari MUI. Jadi, tidak usah khawatir mengandung unsur yang berbahaya ataupun tidak sesuai dengan syariat Islam.

Tapi terlepas dari kecantikan luar, tentu hal terpenting menjadi pribadi yang cantik adalah inner beauty. Yaitu memiliki ilmu tentang agama sebagai tiang kehidupan di dunia maupun akhirat, dan dapat menjadikannya sebagai sumber kemaslahatan bagi orang lain sehingga dapat menginspirasi orang lain. Seperti halnya Wardah inspiring beauty, menginspirasi perempuan Indonesia untuk menjadi lebih cantik.

Berbanggalah menjadi perempuan Indonesia. Tidak perlu kita berkulit putih atau memiliki hidung yang mancung seperti orang luar. Hal utama yang penting untuk menjadi cantik adalah menerima dan mencintai diri dengan sepenuhnya dan gunakan produk-produk halal serta tetap menginspirasi perempuan Indonesia.

Akhir kata, semoga blog ini akan selalu memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.

 
 
 
Don’t cry, don’t be shy
Kamu cantik apa adanya
Sadari syukuri dirimu sempurna
Jangan dengarkan kata mereka
Dirimu indah pancarkan sinarmu
 
You are beautiful, beautiful, beautiful
Kamu cantik cantik dari hatimu
You are beautiful, beautiful, beautiful
Kamu cantik cantik dari hatimu
 
=Cherry Belle – Beautiful=
 
 

Referensi:

halalmui.org | wardahbeauty.com | pojokniaga.wordpress.com | ilmuislam2011.wordpress.com

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s