Posted in Analisa, Story of Me

Little Yumnaa – Born

Tepat pada tanggal 14 Februari 2012, keponakan pertamaku lahir. Sempet kepikiran juga kalo dia lahir tanggal 12-02-12, kan keren tuh. Dengan berat 2,65 kg (berat normal bayi lahir 2,5 – 5 kg, rata-rata 3 kg) dan kulit merah, yang katanya sih kalau udah besar dia bakal putih. Kemarin sempet cemas kalau si anak bakal berkulit hitam kayak bapaknya, tapi ternyata ikut emaknya. No mention deh siapa yang cemas. Hehe. Kelahiran si kecil ini pasti disambut dengan sangat baik, apalagi ini cucu pertama dari orang tuaku sama orang tua iparku. Maklum, keduanya sama-sama anak pertama di keluarganya.

Keponakanku ini bernama Yumnaa Fegiesa Kinarian. Kemarin sempet bingung milih nama waktu mbak masih hamil tua. Cari banyak referensi dari buku kumpulan nama maupun dari internet. Dan akhirnya mentok juga di nama itu. Arti dari nama YUMNAA adalah berkah. KINARIAN artinya cerdas dan menjadi sukses. Sedangkan FEGIESA adalah gabungan dari nama orang tuanya. Jadi arti keseluruhannya adalah seorang anak yang selalu diberkahi dan kelak dapat menjadi anak yang cerdas dan dapat sukses untuk diri sendiri maupun orang tua dan keluarganya.

14-02-2012

Dia kecil banget sampe nggak tega megangnya. Sampai sebulan dia masih merem, belum bisa membuka kelopak matanya. Yang bisa dia lakukan cuma refleks alamiah. Yang paling kelihatan sejak lahir adalah menghisap, mencari, menggenggam, dan babinski.

  • Refleks menghisap: terjadi saat suatu benda ditempelkan kebibirnya dan bayi otomatis akan menghisapnya.
  • Refleks mencari: ketika pipi atau ujung bibir bayi diusap, respon yang dia lakukan adalah memalingkan kepalanya ke arah usapan sebagai upaya untuk menemukan sesuatu yang dapat dihisap.
  • Refleks mengenggam: bayi akan menggenggam dengan kuat sesuatu yang menyentuh telapak tangannya. Tapi walaupun nggak ada benda yang menyentuh telapak tangannya pun dia suka mengenggam.
  • Babinski: ketika telapak kakinya diusap, jari-jari kakinya akan meregang dan dia akan memutar-mutar kakinya.

Reflek-reflek itu yang aku coba praktikkan ke Yumna. Sebenarnya ada refleks yang lain, tapi nggak berani dan nggak tega. Masa iya aku mau nyobain refleks berjalan sama berenang. Nggak nggak nggak kuat~

Jadi kalo refleks berjalan, saat tubuh bayi di tegakkan vertikal dan kakinya disentuhkan ke lantai atau bidang yang datar, maka kakinya nanti akan bergerak mengayun seperti berjalan. Kalo refleks berenang, saat dimasukkan ke dalam air, bayi akan bergerak berenang dan mampu menahan nafasnya di dalam air. Demi apa coba aku mau nyemplungin bayi yang baru lahir ke dalam air. Apa kata orang?

Ada refleks yang lain, yaitu refleks moro di mana bayi kaget dengan suatu stimulus tiba-tiba yang mengejutkannya (seperti suara keras atau gerakan yang tiba-tiba) dan respon bayi adalah melengkungkan punggungnya, melempar kepalanya ke belakang, dan merentangkan lengan dan kakinya. Cuma reflek ini aku baru liatnya waktu Yumna usia 2-3 bulan. Waktu lahir, lingkungannya dijaga bener biar dia nggak terganggu. Kemarin aja pas di rumah lagi benerin pintu dan jendela harus berhenti gara-gara ada Yumna. Hehe, bukannya nyalahin lho ya. Jadi saking dijaganya sampai nggak bisa liat reflek yang ini.

Yeah, to new comer in this house, welcome to this life~😀

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

2 thoughts on “Little Yumnaa – Born

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s