Posted in Traveling

“TRIP TO THAILAND” – Day 1 (Surabaya-Bangkok)

Akhirnya pergi juga tanpa tau jadwalnya. Padahal dari kemarin udah penasaran bakal ke mana aja. Kali aja bisa browsing dulu di internet biar tau duluan, nanti mau cari apa cari apa. Cari informasi sebanyak-banyaknya itu penting daripada nantinya menyesal. Tapi ya mau apa dikata, jadwalnya baru dikasih waktu di bandara.😐

Tanggal 2 Mei 2012 adalah salah satu tanggal bersejarah dalam hidupku. Ahahaha, kayak apaan aja. Travel yang jemput ke Juanda rencana dateng jam 10 pagi kan, alhasil aku juga baru siap-siap jam setengah 9. Tapi lagi enak-enakan mandi, mama gedor-gedor pintu.

“Shin, travelnya udah dateng itu lho, cepetan! Disuruh siap daritadi juga,” omel Mama dari balik pintu.

Maaaak, ini travel kok nggak tepat waktu sih. Katanya jemput jam 10 tapi datengnya jam 9 (kecepetan maksudnya, bukan molor). Emang sih dari jam 8 aku disuruh siap-siap. Langsung deh cepet-cepet pake baju, riasan muka, jilbab, ambil ini itu masukin ke tas, langsung lari keluar naik mobil travel. Hampir aja mau ditinggal, pak sopirnya nggak tau kalo masih ada yang belum naik.  Dan mobil pun mulai berjalan. Rupanya masih kosong mobilnya, kirain udah ada orang lain. Keluarga kami jadi orang pertama yang dijemput. Kata bapak sopirnya, mobil ini khusus menjemput 2 keluarga (6 orang dari total rombongan 12 orang) karena letak rumahnya satu arah menuju Surabaya.

Begitu sampai di Juanda Airport, rombongan satunya belum nyampe. Jadi duduk di depan pintu masuk departure nungguin sebentar sambil ‘manas’ (lawan kata ‘ngadem’). Waktu itu nyampe di bandara jam 12 siang. Oh iya, ini bukan di terminal penerbangan dalam negeri, tapi international departure! Asik deh berada di terminal ini, karena di sini juga banyak orang asing (kayak nggak pernah ketemu orang asing aja). Orang asingnya itu nggak cuma orang Indonesia yang nggak aku kenal atau orang Barat yang berkulit putih, tapi juga orang Asia kayak Korea. Yang satu ini lumayan excited, secara kan aku belum pernah ketemu orang Korea secara langsung.😀

Begitu rombongan satunya dateng, kami langsung masuk. Kebetulan udah di-check-in-kan sama ketua rombongan, jadi nggak usah nungguin lagi buat check-in. Setelah mengurus bagasi, kami masuk sampai ruang tunggu penerbangan yang luar. Waktu itu kami naik AirAsia. You know lah, kterkenal penerbangan yang termurah diantara yang lain.  Pesawatnya baru berangkat jam setengah empat sore dan aku harus membunuh waktu selama 3 jam lebih di bandara. Untung aku bawa majalah yang aku beli kemarin, jadi lumayan lah daripada ‘ndomblong’ nggak jelas.

Begitu pintu ruang tunggu dalem dibuka, kami langsung masuk dengan menunjukkan boarding pass. Di ruang tunggu, keliatan pesawat AirAsia yang sudah nyambung sama lorong untuk penumpang naik. Nggak lama setelah semua penumpang masuk ke ruang tunggu, ada beberapa pramugari AirAsia yang lewat sambil menggeret koper dan masuk duluan ke pesawat. Seneng ngeliatnya, pada cantik-cantik. Pramugari AirAsia waktu itu bikin aku kagum (atau tiap kali liat pramugari juga kagum ya). Nggak tau kenapa ya suka aja liat mereka. Efek iklan di tipi juga kali ia. Kan iklan AirAsia keren tuh, mana yang ditampilin pramugarinya cantik-cantik. Atau mungkin karena seragamnya merah kali ya, trus juga rambut mereka terurai, jadi terkesan santai dan nggak terlalu formal. Kan biasanya pramugari biar kliatan rapi pada pake cepol gitu. Uuhh, pokoknya seketika rasanya pengen jadi pramugari.😛

Perjalanan Surabaya-Bangkok memakan waktu 3 jam 50 menit (kata pramugarinya sih). Baru kali ini lama di pesawat. Biasanya kalo penerbangan dalam negeri kan nggak sampe 2 jam. Takut juga sih mati kebosanan di pesawat gara-gara nganggur. Tapi untung, kebetulan (kayaknya sih sengaja) aku dapet tempat duduk deket jendela. Jadi asik bisa liat keluar, mulai dari awan, laut, daratan, bahkan kilatan petir. Waktu di tengah penerbangan, nemu bentuk awan yang lucu nih, bentuk dinosaurus. Subhanallah, indahnyaaaaaa~

Penerbangan ini enak sih harga murah, tapi nggak ada konsumsi. Perjalanan hampir 4 jam tapi nggak dikasih apa-apa, ya mau nggak mau akhirnya beli makanan di pesawat (dengan harga yang agak *ehem* mahal). Dan aku baru tau setelah baca-baca daftar menu makanannya, harga beli makanannya bisa lebih murah (bahkan 50% harga di tempat) kalau udah booking duluan waktu beli tiket. Sedikit nyesel juga tiketnya diurusin, haha. Rasanya? Enak aja kalo laper. Hehe. Waktu itu aku beli nasi ayam (lupa aku foto). Jadi nasinya semacam nasi uduk tapi bukan nasi uduk, sama irisan ayam di atasnya. Yah daripada kelaparan sampai malem. Ada juga majalah di pesawat yang isinya barang-barang yang dijual sama maskapai. Mulai dari aksesoris (cincin, kalung, dll), baju (kaos, topi, syal, dll), peralatan travelling (koper, gantungan, dll), dan sebagainya. Lumayan lah liat katalog bisa sedikit terhibur. Selesai menikmati makan sore, ada pemberitahuan tentang urusan imigrasi ke Thailand. Jadi setiap penumpang dibagikan lembaran form yang harus diisi. Item-itemnya terdiri dari biodata (nama dan TTL), no paspor, no penerbangan, kepentingan selama di Thailand, bersama siapa datangnya, dan semacam itu. Agak lupa juga, soalnya nggak kepikiran itu buat apa.  Terakhir disuruh membubuhkan tanda tangan di bawahnya.

Begitu hari mulai malam, pemandangan di luar sudah mulai nggak seru lagi soalnya gelap. Jadi cuma item gitu. Tapi bagus waktu udah mau nyampe di Thailand, soalnya keliatan cahaya lampu-lampu. Baguuuuuusss banget. Kemarin mau nyoba mengabadikan kok ya nggak keliatan, jauuuhhh banget. Maklum cuma kameran digital jadul.

Daaaaan kami pun mendarat di Bandara Suvarnabhumi  (baca: Suwarnabhum) jam 7 lebih 10 (begitu kata jadwal). Alhamdulillah perjalanan kami lancar dan mulus. Begitu turun dari pesawat, lihat bandaranya langsung terperangah. Banyak banget tulisan mirip hanacaraka. Bagus sih, jadi berasa ‘asing’nya. Keluar dari gate langsung pada melancarkan aksi jepretnya. Aku nggak ketinggalan juga donk~

Muka udah lecek >.<

Setelah itu kami harus menunjukkan paspor kami ke petugas imigrasi untuk distempel.  Bukti bahwa kita datang ke negara orang secara legal. Setelah antri, aku maju untuk memberikan paspor, boarding pass, sama form yang diisi di pesawat tadi ke petugasnya. Waktu petugasnya lagi ribet-ribetnya sama urusan pasporku di balik biliknya (aku nggak keliatan), petugasnya berulang-kali ngliatin aku. Agak canggung juga sih diliatin, soalnya kan petugas harus benar-benar memastikan bahwa foto yang ada di paspor mirip dengan yang membawa paspornya. Setelah selesai, baru aku tau ternyata form yang tadi diisi di pesawat dijepret di pasporku. Mungkin itu semacam ijin tinggal. Selanjutnya, kami berjalan menuju bagian “Luggage” alias bagasi untuk mengambil koper kami. Dengan menggunakan troli, kami membawa tumpukan koper keluar dari bandara. Perjalanan keluar agak ribet sih, soalnya banyak anggota rombongan yang kepisah. Ada yang ke toilet, ada yang beli pulsa (atau nomor lokal). Setelah proses tunggu-menunggu (LAGI!) akhirnya keluar juga dari bandara untuk menunggu (LAGI!!!) jemputan. Begitu melangkah keluar, wahh, udara panas langsung menyergap kulit. Panasnya nggak seberapa sih, kayak di Surabaya. Mungkin karena malem ya jadi nggak begitu ‘menyiksa’. Sambil menunggu, datang seorang wanita yang ngobrol sebentar sama kepala rombongan, terus seperti ikut menunggu mobil. Dia adalaaahhhh……… Tour Guide kami yang bernama Siska. Ini aku sadari saat tiba di hotel. Karena dia yang bilang kalo besok harus sudah siap pagi-pagi karena jam 8 sudah berangkat menuju destinasi kami. Agak ngantuk-ngantuk ini dengerinnya, soalnya nyampe hotel udah malem banget. Aku nggak sempet liat jam sih, tapi yang jelas itu malem banget. Perjuangan ke kamar masih ada nih, soalnya aku dapet kamar di lantai 7. Jadi mau nggak mau harus antri nungguin lift yang kecil mungil turun mengangkut rombongan ke lantai masing-masing. Begitu sampai kamar, langsung *blek* (baca: teler).

Author:

http://www.facebook.com/nta.s.nta https://twitter.com/#!/esshinta

One thought on ““TRIP TO THAILAND” – Day 1 (Surabaya-Bangkok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s